UPAYA PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA ASPEK MEMBACA CERPEN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS IX

Tatik Mursiyah

DOI: https://doi.org/10.23917/kls.v27i1.4950

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar keterampilan membaca cerpen pada siswa kelas IX B SMP Muhammadiyah 4 Surakarta 2013-2014. Hal ini ditunjukkan hanya berkisar 15.38% saja siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Berdasarkan kenyatan tersebut, perlu diupayakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar membaca cerpen. Salah satu pendekatan sebagai solusi masalah tersebut adalah pendekatan kontekstual. Penelitian ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  yang  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil belajar Bahasa Indonesia pada pembelajaran membaca cerpen melalui pendekatan kontekstual. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah secara deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil tes awal, hasil Siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian menunjukkkan adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada pembelajaran membaca cerpen pada siswa, terbukti pada tes awal siswa yang mencapai KKM hanya 15,38%, setelah dilakukan tindakan pada Siklus I meningkat menjadi

42,30%. Sedangkan pada Siklus  II meningkat  menjadi 69,23%. Nilai rerata   siswa pada tes pra siklus 70,31 meningkat  menjadi  73,73  pada  Siklus  I dan  nilai rerata pada Siklus II adalah 77,88.

 

 

Kata kunci: Membaca cerpen, pendekatan kontekstual

References

Amri, Sofan dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam

Kelas. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Anindyarini, Atika dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP / MTs Kelas IX. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2009. Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta : Ar-Ruzz

Media.

Johnson B, Elaine. 2006. Contextual Teaching and Learning. Diterjemahkan oleh Ibnu

Setiawan. Bandung : MLC.

Kencono, Desy Retno dkk. 1992. Pelajaran Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia SMP.

Surabaya : Kendang Sari.

Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan. Semarang : IKIP Semarang.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta

: Kencana Prenada Media.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Sugiyanto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : UNS Press. Suharianto. 1982. Dasar-dasar Teori Sastra. Surakarta : Widya Duta.

Suyatmi dan Yant Mujianto. 1989. Perjalanan Menuju Insan Cendikia. Surakarta: UNS.

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.