PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 4 TAHUN KAJIAN SEMANTIK PENYIMPANGAN TUTURAN ANAK

Oktavian Aditya Nugraha(1*)

(1) STKIP BINA INSAN MANDIRI SURABAYA
(*) Corresponding Author

Abstract

Penyimpangan  tuturan  yang  terjadi  pada  anak  yang  berusia  4  tahun  terjadi karena  pada  usia  tersebut,  anak  dalam  proses  penguasaan  bahasa  sesudah bahasa pertama dan setidaknya dipengaruhi oleh dua hal, yaitu faktor fisiologis dan psikologis. Faktor fisiologis meliputi organ-organ penghasil tuturan seperti mulut dan fungsi otak. Sementara itu, faktor psikologis meliputi perkembangan kognitif  seorang  anak  dalam  proses  penguasaan  bahasa  pertamanya.  Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penyimpangan tuturan bahasa anak usia 4 tahun dengan kajian semantik yang didapatkan dari pemerolehan bahasanya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode simak dengan teknik sadap. Teknik lanjutan yang digunakan adalah berupa simak libat cakap,  rekam,  dan  catat.  Metode  analisis  yang  digunakan  mencakup  metode padan  ekstralingual  yang  digunakan  untuk  menganalisis  unsur  yang  bersifat ekstralingual, seperti menghubungkan masalah bahasa dengan hal yang berada di luar bahasa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penguasaan bahasa anak  usia  4  tahun  bisa  dikatakan  dalam  taraf  atau  proses  perkembangan bahasa yang nantinya bisa sempurna saat usia bertambah. Penyimpangan yang ditemukan  meliputi  12  penyimpangan  kata  yang  sering  kali  diucapkan  oleh anak. Hubungan dengan semantik pemerolehan bahasa anak usia 4 tahun dinilai masih dalam tahap perkembangan sesuai dengan usia mereka. Penyimpangan tuturan  yang  ditemukan  meliputi  penyimpangan  tuturan  di  bidang  semantik yaitu ketidaksesuaian antara satu kata yang diucapkan dengan acuannya.

 

 Kata Kunci: Pemerolehan Bahasa, Semantik, Penyimpangan Tuturan.

References

Chaer, Abdul. (2003). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. (2008). Psikolinguistik (Pengantar pemahaman bahasa manusia).

Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Mahsun. (2007). Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Milawati, Titik. (2009). Peran PendidikanAnak Usia Dini Dalam Mendukung Perkembangan

Bahasa Anak. Skripsi. UMS.

Moleong, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Santoso, Budi. (2009). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun Dalam Lingkup Keluarga.

Skripsi. UMS.

Ruqayyan. (2008). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun.

Verhaar. J.M.W. (2008). Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitiy

Press.

Article Metrics

Abstract view(s): 3084 time(s)
PDF: 2406 time(s) PDF (Bahasa Indonesia): 2913 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.