PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGONSTRUKSI DEBAT PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 7 MALANG

Galih Suryo Pratikno(1*), Gigit Mujiyanto(2), Laili Ivana(3)

(1) Pendidikan Profesi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang
(2) FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang
(3) SMA Negeri 7 Malang
(*) Corresponding Author

Abstract

Abstract

This research aims to describe (1) the use of Quantum teaching to improve student’s sklill in construct debate and (2) increase student’s skill to construct debate using Quantum teaching. This research is a classroom action research consisting of discontinued cycles if 85% of student fulfill the minimum learning-outcome criteria 75. The subject of this research are 34 students of class X MIPA 2 SMAN 7 Malang. The data is a description process of using Quantum teaching and student’s learning outcomes to construct debate. Data collection techniques are carried out by observation, documentation, and interview. The results showed that the learning process of students has increased after using Quantum teaching. The results of tests showed that the student’s skill has increased 10,12 poins  from 71.76 to 81,88 or 14,10% with the percentage of completeness 91%. The improvement results were also followed by the change of students behaviour, the students looks more enthusiastic, active and confident.

Keywords: Debate, Construct, Quantum Teaching

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) penggunaan model pembelajaran Quantum untuk meningkatkan keterampilan mengonstruksi debat peseta didik dan (2) peningkatan keterampilan peserta didik dalam mengonstruksi debat dengan menggunakan model pembelajaran Quantum. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas siklus-siklus yang dihentikan jika 85% peserta didik memenuhi kriteria kelulusan minimal (KKM) 75. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kels X MIPA 2 SMAN 7 Malang yang berjumlah 34 peserta didik. Data penelitian ini adalah deskripsi proses penerapan pembelajaran Quantum dan hasil belajar peserta didik dalam mengonstruksi debat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan proses belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum. Hasil tes keterampilan mengonstruksi debat peserta didik mengalami peningkatan 10,12 poin dari 71,76 menjadi 81,88 atau 14,10% dengan persentase ketuntasan 91%. Peningkatan hasil diikuti dengan perubahan perilaku peserta didik menjadi lebih antusias, aktif, dan percaya diri.

Kata Kunci: Debat, Mengontruksi, Model Pembelajaran Quantum

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyhar, Rayanda. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Bahaddin, M., Yusuf. (2014). “An Investigation the Effect of Quantum Learning Approach on Primary School 7th Grade Students’ Science Achievement, Retention and Attitude”. International Journal of Research in Teacher Education. Vol. 5(2). Eskisehir: Eskisehir Osmangazy University.

Davis, Andrew W. (2012). The Effect of Quantum Learning on Standardized Test Scores versus Schools that do not use Quantum Learning. February 2012. 61-683. Missouri: Missouri State University.

Depdiknas. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

DePorter, Bobbi, Mark Reardon, Sarah Singer-Nourie. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Khairunnisa. (2011). “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam menggunakan Model Pembelajaran Kuantum Teknik TANDUR dengan Pemanfaatan Kecerdasan Huruf atau Kecerdasan Angka pada Siswa Kelas VII B SMP NU 01 Hasyim Asyari Tarub”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Larasayu, Eti Titis, Subrata. (2014). “Penggunaan Model TANDUR untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Siswa Kelas II SDN Sidomulyo II”. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2(2). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Mahsun. (2013). Metode Penelitiam Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Nurgiyantoro, Burhan. (2014). Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Subana dan Sunarti. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Subyantoro. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Unnes Press.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Bandung: Angkasa.

Article Metrics

Abstract view(s): 425 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 421 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.