PENGARUH REPUTASI, PRIVASI, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPERCAYAAN (TRUST) PENGGUNA INTERNET DI SEMARANG DALAM SISTEM E-COMMERCE

R.A Marlien(1*), Probo Probo(2)

(1) Staf Pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank Semarang
(2) Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan pengguna internet dalam sistem ecommerce di Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 103 yaitu pengunjung forum jual beli kaskus dan pemakai jejaring sosial seperti facebook. Dimana pengunjung forum ini merupakan orang-orang yang pernah bertransaksi melalui internet. Baik itu melalui ebay.com, bhinneka.com, FJB Kaskus, maupun web jual beli lainnya.

Alat statistik yang digunakan adalah Analisis Regresi. Data dianalisis dengan menggunakan software statistik SPSS v 19. Hasil dari penelitian ini keamanan berpengaruh terhadap kepercayaan dan pengaruhnya sangat kuat dibandingkan dengan reputasi dan privacy.

Keywords

ecommerce, kepercayaan, reputasi, privacy, keamananan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view(s): 1568 time(s)
PDF: 3122 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.