Pengembangan Pola Pikir Rasional dan Objektif dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Scientific

Muhammad Yudi Susanto(1*), Asih Dwi Mumpuni(2), Ika Nur Fadhilah(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Upaya dalam meningkatkan pendidikan tidak lepas dari pengaruh guru dan siswa di dalam proses pembelajaran. Guru adalah komponen yang sangat berpengaruh terhadap proses belajar. Siswa juga merupakan subjek di dalam pembelajaran, maka dari itu keduanya merupakan komponen yang penting. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kartasura dengan subjeknya berupa pelaksana kegiatan pembelajaran yaitu guru dan siswa. Fokus penelitian pada penggunaan metode pendekatan scientific di dalam proses pembelajaran yaitu dengan cara mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan untuk mengembangkan pola berpikir rasional dan objektif. Pembelajaran IPA Terpadu merupakan salah satu pembelajaran yang mengacu pada aspek berpikir yang rasional dan objektif. Hal itu disebabkan karena di dalamnya terdapat tahapan yang mendorong siswa untuk berpikir secara ilmiah. Pembelajaran IPA Terpadu yang terdiri tiga disiplin ilmu yaitu, ilmu biologi, ilmu kimia, dan ilmu fisika perlu pemahaman yang matang. Jadi, untuk meningkatkan hasil belajar harus ada kaitan antara komponen guru, siswa , metode/pendekatan dan materi pembelajaran.

Full Text:

PDF

References

Katimo, S. S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar Dan Kreativitas Ditinjau Dari Sikap Ilmiah. Jurnal Inkuiri, Vol : 5(No : 2), hal : 87-89.

Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, Vol : 5(No : 3), Hal : 120-121.

Susilo, M. J. (2016). Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Scientific Approach Di SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman. Proceding Biology Education Conference, Vol : 13(No : 1), hal : 1.

Widiyatmoko, B. P. (2013). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Tema Darah di SMP N 2 Tengaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol : 2(No : 2), Hal : 103.

Article Metrics

Abstract view(s): 2229 time(s)
PDF: 2926 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.