Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten

Isnaeni Umi Machromah, Alif Mahendra, Fera Rian Dianingsih, Nita Indriani, Diah Rosa Agustina, Siti Fatimah, Nur Zahro Madya Arifah, Maria Al Khusna, Dhanny Novianto, Ferry Cahyo Nugroho, Almuntaqo Zainuddin

DOI: https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10796

Abstract

Gerakan literasi sekolah melalui program perpustakaan dinding dan budaya membaca merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kemampuan dan minat baca siswa. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 hingga kelas 3 dari program perpustakaan dinding. Program ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Kuncen Cawas.  Pelaksanaan program dilakukan dengan pengadaan perpustakaan dinding dan kegiatan budaya membaca setiap hari. Untuk melihat hasil pelaksanaan program, dilakukan wawancara dan observasi. Dari hasil yang telah diperoleh terjadi peningkatan kemampuan membaca setelah adanya program perpustakaan dinding dan program kegiatan membaca  secara signifikan, yaitu terjadi dikelas 2 A, yang awalnya 31% menjadi 68% .

Keywords

gerakan literasi; kemampuan membaca; perpustakaan dinding

Full Text:

PDF

References

Alhadza, Abdullah (2004). Masalah Menyontek/ Cheating di Dunia Pendidikan. http://www.depdiknas. go.id/jurnal

Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. LIBRIA, 9(1), 13–26.

Astuti, Yuni; Hermining, anik; dan Suprapto.2016.” Persepsi Mahasiswa Terhadap Perilaku Menyontek (Studi Kasus Program Studi Manajemen S1 FEB-UMB Jakarta)’’. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial. Vol 5, No 3, hal 354 – 362.

Bungin, Burhan (2001). Metodologi Penelitian Sosial (Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif). Surabaya: Airlangga University Press.

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah an-Najah Jatinom Klaten the Influence and Obstacles of School Literacy Movement Program on. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280

Hesti Purnama Sari. 2012. Upaya Peningkatan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Melalui Aktivitas Outbound Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Hakim Yogyakarta [Skripsi]. Yogyakarta (ID): Universitas Negeri Yogyakarta.

Hidayah, L. (2017). Implementasi Budaya Literasi di Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 1(2), 48–58.

Hidayat, M. H., Basuki, I. A., & Akbar, S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 810–817.

Irianto, P. O. ;, & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. The 1st Education and Language International Conference Proceedings, 640–647. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282

Riyanti. 2015. Intensi Mencontek Ditinjau Dari Theory Of Planned Behavior. Psikologi Terapan. 03 (02) : 250 – 253.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–343. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480

Article Metrics

Abstract view(s): 40 time(s)
PDF: 28 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.