Buletin KKN Pendidikan

Buletin KKN Pendidikan

BULETIN KKN PENDIDIKAN (Buletin KKNDik) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat bidang pendidikan dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKIP UMS) bekerja sama dengan Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (ALPTK PTMA).

Tujuan buletin ini adalah untuk mensosialisasikan dan mempublikasikan temuan dan rekomendasi hasil-hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk mengembangkan, memberdayakan, meningkatkan, membudayakan, membudidayakan, menguatkan, melatih, menerampilkan, menumbuhkan, menumbuhkembangkan, merevitalisai, menghidupkan kembali, dan/atau bentuk-bentuk inovasi pengembangan serta pemberdayaan masyarakat sasaran pendidikan lainnya.

Buletin ini memfokuskan kajiannya pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan-pelatihan, seperti: pendidikan masyarakat, pendidikan komunitas, pendidikan perintis, pendidikan tematik, sekolah penggerak, kampus mengajar, dan/atau pengembangan serta rekayasa pendidikan lainnya baik di lingkungan masyarakat pendidikan formal, informal, maupun pendidikan nonformal dalam konteks pendidikan global.

Buletin ini secara spesifik memfokuskan kajiannya pada pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dalam konteks pendidikan, seperti:

  • Penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk menyelesaikan berbagai persamasalahan pendidikan yang ada dalam dunia pendidikan;
  • Pengembangan pendidikan komunitas di lingkungan komunitas pendidikan masyarakat tertentu;
  • Penguatan kepekaan dan kepedulian komunitas pendidikan yang membutuhkan bantuan pendidikan;
  • Pelatihan dan pengembangan soft skill dan pendidikan karakter untuk siswa atau sekolah;
  • Pengembangan dan pembudayaan kecakapan hidup di masyarakat;
  • Pemberdayaan dan penumbuhkembangan pemuda untuk mengembangkan amal usaha dan rintisan kewirausahaan;
  • Pelatihan dan pengembangan kepemimpinan pendidikan pada era komunikasi dan komputasi global;
  • Pelatihan siswa dalam mengembangkan kemampuan hidup bermasyarakat dalam konteks pendidikan,Perintisan pendidikan di daerah 4T (Terpencil, Terdepan, Terluar, Terisolasi), dan;
  • Penyiapan kompetensi lulusan LPTK PTMA sebagai pemrakarsa, pejuang, dan penggerak pendidikan dalam konteks pendidikan global. 

Tujuan buletin untuk adalah untuk memberdayakan, mengembangkan, menguatkan, melatih, mengedukasi, mengisisiasi, melaksanakan perintisan, menumbuhkembangkan, membudayakan, membudidayakan, merevitalisasi, mengentaskan, meningkatkan, menyiapkan, membentuk, menerapkan, mengakselerasi, dan/atau mengaktualisasikan proses dan luaran kegiatan pengabdian masyarakat dalam konteks konteks pendidikan luas atau MBKM.

Submit artikel hasil pengabdian Anda melalui our online system! Petunjuk penulisan mengacu ke Author Guidelines, tambahkan Copyright Transfer Agreement (CTA) (unduh CTA here) and Declaration of Originallity (DoO) (download the DoO Form here). Gunakan sistem sitasi elektronik dengan software seperti Mendeley, Zotero, atau software elektronik lainnya.

Buletin ini sudah terindeks dan abstrak pada sejumlah indeksasi database: Google Scholar | GarudaCrossref | ROADBASEDimension | 


Journal Name:Buletin KKN Pendidikan
Journal Abreviation:BKKNDik
ISSN Online:2716-0327
Managed by:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisheed by:Universitas Muhammadiyah Surakarta
Address:Jalan Ahmad Yani Pabelan, Surakarta, Jawa Tengah Indonesia 57162
Telp:(0271) 717417 Eks. 2197 | 2130
Email:[email protected]
First Published:2019
Publishing Period:Juli & Desember (2019-2021)
 :Juni & Desember (Start 2022)
Akreditasi:Sinta 4 | Vol. 1, No. 1, 2019 s.d. Vol. 5, No. 2,  2023

Vol. 6, No. 1, Juni 2024

Table of Contents

Articles

Aulia Maulida Fayza   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Nur Amalia Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ratnasari Dyah Utami Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Eko Purnomo Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Mahesa Maulana Google Scholar  Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Karanganyar, Indonesia
PDF
1-19
Dyan Permata Ratri   Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Muhroji Muhroji Google Scholar  Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Harun Joko Prayitno Google Scholar  Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Muhammad Syahriandi Adhantoro Google Scholar  Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Chandra Anugrah Putra Google Scholar  Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Indonesia
PDF
20-32
Vendra Oktareno Ardiansya   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Minsih Minsih Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Santosa Pradana Putra Setya Negara Google Scholar  Fakultas Ilmu Formal dan Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun, Indonesia,
Nanang Sri Mujiono Google Scholar  Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
33-46
Khairul Khuluq   Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Sukartono Sukartono Google Scholar  Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ayu Veranita   Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Sampit, Indonesia,
Iin Ariyati   Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Indonesia
PDF
47-60
Nabila Habibah   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Muhammad Abduh Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Hendri Hendri Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Indonesia,
Muhammad Nizaar Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia
PDF
61-75
Agam Akhmad Syaukani Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Eko Sudarmanto Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Muhad Fatoni Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Vera Septi Sistiasih Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ahmad Sulaiman Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia,
Ika Yulianingsih Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
PDF
76-85
Akhmad Tegar Rifai   Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Nur Amalia Google Scholar  Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Tiara Indah Google Scholar  Faculty of Communication and Business, Universitas Muhammadiyah Karanganyar, Indonesia,
Muhammad Zulfi Ifani Google Scholar  Faculty of Social Sciences and Humanities, Universitas Muhammadiyah Klaten, Indonesia
PDF
86-96
Salsabila Khoirunisa   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Muhroji Muhroji Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Riyani Wulandari Google Scholar  Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Surakarta, Indonesia,
Anggia Suci Pratiwi Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Indonesia
PDF
97-109
Minsih Minsih Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Rusnilawati Rusnilawati Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Imam Mujahid Google Scholar  Fakultas Ushuluddin Dakwah, UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia,
Honest Ummi Kaltsum Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ummi Tadzkiroh   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Alifah Raisia   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Uslan Uslan Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia,
Endang Triwahyuni Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
PDF
110-118