ANALISIS PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN PADA PASIEN BPJS DAN PASIEN UMUM TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RAWAT JALAN RSUD KOTA SURAKARTA

Aisah Pertiwi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui perbedaan kualitas pelayanan berdasarkan
keselamatan pasien, efektivitas dan efisiensi, dan berorietasi pada pasien, serta kepuasan pasien antara pasien yang menggunakan BPJS dan umum. Penelitian dilakukan sebanyak 60 responden yang terdiri dari 30 pasien BPJS dan 30 pasien umum di rawat jalan RSUD Kota Surakarta. Analisis data yang digunakan adalah uji independent t-test kemudian dianalisis pengaruh antara variabel independen terhadap dependen menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menyebutkan adanya perbedaan yang signifikan kualitas pelayanan berdasarkan keselamatan pasien, efektivitas dan efisiensi, dan berorietasi pada pasien, serta kepuasan pasien antara pasien yang menggunakan BPJS dan umum, serta adanya pengaruh antara variabel keselamatan pasien, efektivitas dan efisiensi, dan berorietasi pada pasien terhadap kepuasan pasien. Dari hasil persamaan tersebut
diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu keselamatan pasien, efektivitas dan efisiensi, dan pelayanan berorientasi pada pasien berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Artinya jika keselamatan pasien, efektivitas dan effisiensi, dan pelayanan berorientasi pada pasien, maka kepuasan pasien semakin tinggi.

Keywords

BPJS; berorientasi pada pasien; keselamatan pasien; kepuasan pasien

Full Text:

PDF

References

Anonim. (2015). Presentase Penduduk Miskin Maret 2016 Mencapai 10,86%. http://bps.go.id.

Diakses pada tanggal 15 April 2016.

Cahyono, J.B. Suharjo B. 2008. Membangun Budaya Keselamatan Pasien dalam Praktik

Kedokteran. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Joint Commision International. 2016. International Patient Safety Goals. USA: Foundation of

Accreditations.

Kottler & Keller, and Philip. 2009. Marketting Management Analysis, Planning,

Implementations, and Control. Prentice Hall.

Kurnia. 2008. Analisis Kepuasan. Fisip UI, Jakarta, Indonesia.

_____, Nasution. 2016. Chapter II-Analaisis Kepuasan Pasien. www. Repository.usu.ac.id.

Diakses pada tanggal 06 Oktober 2016.

Nooria, Widoningsih. 2008. Pengaruh Persepsi Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan

dan Loyalitas Pelanggan di RSU Saras Husada Purworejo. Skripsi (Tidak Diterbitkan).

Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Notoatmodjo,S. 2010. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nursalam. 2002. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional.

Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta:

Penerbit Salemba Medika.

Peraturan Presiden No. 12. Tahun 2013 pasal 42. Kendali Mutu dan Biaya penyelenggaraan

Jaminan Kesehatan. Jakarta: Presiden Republik Indonesia. Hal: 35.

Pohan, Imbalo S. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit EGC.

Pratiwi, Kartika Gita. dkk. 2014. Analisis Mutu Pelayanan Rumah Sakit dan Pengaruhnya

Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Andini di Pekan Baru,

Vol. 1 No. 2 hal. 2.

Putri, Asih Eka. 2014. Paham BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Jakarta: CV.

Komunitas Pejaten Mediatama.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto, D. 2001. Kepuasan Pelanggan. Pengaruhnya terhadap Perilaku Konsumen di

Industri Perhotelan. Hal 42-47.

Susila & Suryanto. 2015. Metodologi Penelitian Retrospective/ Ex Post Facto Case Control

Causal Correlation. Klaten: BOSSSCRIPT.

Tjiptono, F. dan Chandra. 2011. Service, Quality, and Satisfaction, 3rd ed. Yogyakarta.

Trisnaeni, Febri. 2014. Hubungan Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Selama

Berkunjung di Puskesmas Sungai Durian Kecamatan Sugai Raya Kabupaten Kubu Raya.

Naskah Publikasi. Universitas Tanjungura, Pontianak, Indonesia.

Trisnawati, Komang. 2015. Analisis kepuasan pasien rawat jalan Pns Pada Masa Pelaksanaan

Askes Dan Jkn Di Rsup Dr.sardjito Yogyakarta. Tesis, Universitas Gajah Mada,

Yogyakarta, Indonesia.

Yuniarti, Siti. 2015. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Rumah Sakit dan Tingkat Kepuasan

Pasien BPJS di Ruang Perawatan RSUD Sultan Syarif Alkadrie Kota Pontianak. Skripsi

tidak dipublikasikan. Universitas Tanjungura, Pontianak, Indonesia

Article Metrics

Abstract view(s): 14769 time(s)
PDF: 27063 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.