Pengaruh Model Pembelajaran Siri' Na Paccei Terhadap Kempuan Membuat Paragraf Deskriptif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Sungguminasa

Arief Muhsin(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract

Ada dua tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa pada mata pelajran bahasa Inggris materi descriptive paragraph  materi Writing. Tujuan khusus penelitian ini adalah; a) Untuk menganalisis data hasil belajar siswa, b) Untuk menganalisis motivasi dan komitmen siswa pada mata pelajran bahasa Inggris materi descriptive paragraph  materi Writing, c) Sebagai dasar model budaya untuk mengembangkan model pembelajran lain berbasis local value. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yaitu pendekatan yang memungkinkan dilakukannya pencatatan dan analisa data hasil penelitian secara eksak dan menganalisis data menggunakan perhitungan statistik. Oleh karena itu pendekatan kuantitatif banyak dituntut menggunakan angka, mulai pengumpulan data, penafsiran terhadap data serta penampilan hasilnya. Penelitian ini menggunakan eksperimen quasi dengan Disain kelompok kontrol yang non-ekuivalen (Nonequivalent Control Group Design).

Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah: (1) Hasil belajar bahasa Inggris siswa dalam menulis paragraf deskriktif yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Siri, Na Pacce berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 70,04 dan standar deviasi 22,18 dari skor ideal 100. (2) Hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajar dengan pengajaran langsung berada dalam kategori rendah dengan rata-rata 38,23 dan standar deviasi 26,53 dari skor ideal 100.

Keywords

Bahasa Inggris, Deskriktif, dan Siri’ Na Pacce

Full Text:

PDF

References

Astawa, I. B., Marhaeni, A. N., & Koyan, I. W. (2013). Pengaruh Teknik Neighborhood Walk Berorientasi Kontekstual terhadap Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris ditinjau dari Kecerdasan Linguistik. Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan, 3.

Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 6(1).

Karli, Hilda dan Yuliariatiningsih, Margaretha Sri. 2002. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi: Model-model Pembelajaran.

Marhaeni, a. I. N. (2007). Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa inggris (penelitian meta-analisis terhadap ptk dan ppkp bidang studi bahasa inggris universitas pendidikan ganesha singaraja tahun 1999–2005). Jurnal pendidikan dan pengajaran.(online), (3).

Pharhyuna, K. A. J. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Asesmen Otentik terhadap Keterampilan Menulis Berbahasa Inggris ditinjau dari Kreativitas Siswa SMK Negeri 1 Singaraja. Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan, 1(1).

Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online)(http://smacepiring. wordpress. com).

Supardi, K. I., & Putri, I. R. (2010). Pengaruh penggunaan artikel kimia dari internet pada model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar kimia siswa SMA. Jurnal inovasi pendidikan kimia, 4(1).

Sutarmi, N. W., Suharsono, N., & Warpala, I. W. S. (2013). Pengaruh pembelajaran Scaffolding terhadap Keterampilan Menulis Teks Recount Berbahasa Inggris dan Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Manggis. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 3.

Tarman dan M. Arief. (2016). The Developtment of Creative Writing Model on Short Story Based Siri’Na Pacce at the XI Class Senior High Schools in Makassar. Journal of Educational and Social Research, 6(1), 52.

Wijayanti, K. D. (2012). Pengaruh Implementasi Asesmen Portofolio Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Ditinjau Dari Kecemasan Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tabanan Tahun Ajaran 2010/2011). Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1).

Zulkaid, L. A. D. (2009). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Media Audio CD pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Kelas VII di SMP Terbuka Praya Timur 1. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Article Metrics

Abstract view(s): 543 time(s)
PDF: 697 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.