EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK

Aryati Nuryana(1*), Setiyo Purwanto(2),

(1) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v12i1.1558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Brain Gym dalam meningkatkan konsentrasi belajar pada anak. Anak seringkali harus bergelut dengan agenda pembelajaran tidak hanya ketika di lingkungan sekolah tetapi juga di rumah. Dengan memaksakan otak untuk bekerja sangat keras maka akan terjadi ketidakseimbangan dalam otak antara otak kanan dan otak kiri, juga dapat menyebabkan kelelahan pada otak sehingga konsentrasi dalam belajar anak menjadi menurun. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Serengan I, No.70 Surakarta yang berumur 10 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling dengan subjek sebanyak 76 orang dengan perincian subjek untuk try out 37 orang dan untuk penelitian 39 orang. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan tes konsentrasi anak. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik uji Mann Whitney U-Test. Diperoleh  nilai sebesar U= 80,000 p= 0.002 (p< 0.05). Nilai rata-rata gainscore konsentrasi belajar subjek pada kelompok eksperimen sebesar 25.50 sedangkan nilai rata-rata gainscore subjek pada kelompok kontrol sebesar 14.21. Nilai rata-rata ini dapat diinter- pretasi bahwa ada perbedaan atau selisih rata-rata pada hasil nilai kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Artinya pemberian Brain Gym sangat efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar pada anak.

Full Text:

PDF

References

Ayinosa. (2009). Brain Gym (Senam Otak). Diperoleh dari http://book.store.co.id/2009. Diakses tanggal 15 Januari 2010.

Beighle, A, dkk. (2008). Children’s Physical Activity During Recess and Outside of School. The Journal of School Health; Dec 2008; 76, 10; Academic Research Library pg. 516.

Dennison, Paul E. (2002). Buku Panduan Lengkap Brain Gym. Jakarta : Gramedia.

Fanny, R. (2009). Brain Gym Tingkatkan Potensi Seseorang. Diperoleh dari http://kiatsehat.com/2009. Diakses tanggal 15 Januari 2010.

Hartanto. (1995). Hubungan antara kekhusyu”an zikir dengan konsentrasi Belajar”. Skripsi (Tidak diterbitkan). Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Helmi, A.F. (1995). Strategi Adaptasi yang Efektif dalam Situasi Kepadatan sosial. Tesis (Tidak diterbitkan). Yogyakarta : Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada.

Matlin, M.W. (1998). Cognition (4 th edition). Orlando : Harcourt Brace & Company.

Muhammad. (2008). Melatih Konsentrasi Anak. Diperoleh dari http://www.psikologizone.com/. Di akses tanggal 10 Mei 2010.

Nihayah, Z. (2002). Perkembangan Kognitif Anak. Buletin Tazkiyah, volume 2, nomor 1.

Prihastuti. (2009). Pengaruh Brain Gym terhadap Peningkatan kecakapan Berhitung siswa Sekolah Dasar. Diperoleh dari http:/Ipm.uny.ac.id/downloadcenter/CP_FEBRUARI_2009.pdf. Diakses tanggal 11 Maret 2010.

Rizki, D. (2008). Usaha Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Dengan Brain Gym Siswa Tingkat SMP Konsep Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sari, D.P. (2006). Efektivitas Pelatihan (Focus your Attention) untuk Meningkatkan Konsentrasi pada Anak dengan Simtom-simtom gangguan Pemusatan Perhatian atau Hiperaktivitas (GPP/H). Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta : Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Article Metrics

Abstract view(s): 12478 time(s)
PDF: 12763 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.