KORELASI KECERDASAN EMOSI DAN STRES KERJA DENGAN KINERJA

Reni Hidayati, Yadi Purwanto, Susatyo Yuwono

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v12i1.1605

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan stres kerja dengan prestasi kerja karyawan. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada hubungan kecerdasan emosional dan stres kerja dengan prestasi kerja karyawan. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan PT.BRI Kebumen dengan teknik sampling acak purposive  dengan karakter- istik: usia minimum menandai 22 tahun, tingkat pendidikan minimal SLTA, tahun minimal layanan                  1 tahun. Alat ukur yang digunakan sebagai pengumpulan data instrumen utama adalah kecerdasan emosional skala, skala stres kerja, dan skala appraissal kinerja. Berdasarkan hasil analisis den- gan dua teknik regresi prediktor, nilai R = 0.580 dan FRegresi = 11.909 dengan p <0.01. Hasil ini menunjukkan hubungan yang signifi kan antara kecerdasan emosional dan stres kerja dengan prestasi kerja karyawan. Artinya kecerdasan emosional dan stres kerja variabel dapat diterapkan menjadi prediktor untuk memprediksi prestasi kerja karyawan. Dari rx1y analisis korelasi parsial = 0.527 dengan p <0.01. Ini berarti ada hubungan positif  begitu signifi kan antara kecerdasan emosional dengan prestasi kerja karyawan. Hasil yang lain, korelasi rx2y = -0.391, dengan p <0,01, berarti ada hubungan negatif  begitu signifi kan antara stres kerja dengan prestasi kerja karyawan.

Full Text:

PDF

References

Adi, W.A. (2000). Analisis Stres dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pengusaha Industri Kecil (Studi Kasus pada Sentra Industri Konveksi di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten). KOGNISI, Majalah Ilmiah Psikologi Vol. 4 No. 2.

Anoraga, P. (2000). Psikologi dalam Perusahaan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cooper, R.K dan Sawaf, A. (1999). Executive EQ: Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan Organisasi. (Terjemahan Widodo). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Diahsari, Y.E. (2001). Kontribusi Stres Pada Produktivitas Kerja. Jurnal ANIMA Vol. 16 No.4. Yo- gyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Dianawati, M.N. (2006). Performance Kerja Guru SLB Ditinjau dari Motivasi Kerja dan Stres Kerja. Skripsi (Tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fuani, A. (2006). Hubungan antara Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja dengan Performansi Kerja. Skripsi (Tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Goleman, D. (1997). Emotional Intelligence (Terjemahan: Termaya, T). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

__________. (1999). Kecerdasan Emosional Untuk Mencapai Puncak Prestasi (Terjemahan Widodo). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Koesmono. (2005). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Kerja Serta Kinerja Karyawan Pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah di Jawa Timur. http://puslit.petra.ac.id/-puslit/jornals.

Kwelju, J. (2004). Pengaruh Motivasi, Perilaku Pemimpin, dan Kesempatan Pengembangan Karier terhadap Kinerja Karyawan pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Pulau Buru. Jurnal Ekonomi UNMER, Vol. 8 No. 3: 501 – 516.

Novitasari, (2005). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan PT. H.M. Sampoerna Tbk. http://www.damandiri.or.id.

Prawirosentono, S. (1999). Manajemen Sumberdaya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Rivai, V. (2005). Performance Appraisal. Jakarta : PT. Raja Grafi ndo Persada.

Rosidah. (2003). Pengaruh Kompetensi SDM terhadap Kinerja PT Cheil Jedang Indonesia di Jom- bang Jawa Timur. http://www.damandiri.or.id.

Ruky, S.A. (2001). Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Setiyawan, E. (2005). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Kerja. Skripsi (Tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Shapiro, L.E. (1997). Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak (Terjemahan Kanjoro, AI). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wahyudin & Narimo. (2005). Faktor-Faktor Penentu Produktifi tas Kerja Pegawai Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar (Pendekatan LPM dan Multinominal Logistic Model), Ju- rnal BENEFIT, Vol. 9 No. 1, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Widhiastuti, H. (2002). Studi Meta Analisis Tentang Hubungan Antara Stress Kerja dengan Prestasi kerja. Jurnal Psikologi No. 1, 28-42. Universitas Semarang.

Yen, I., Tjahjoanggoro, A.J., Atmaji, G. (2003). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Kerja Distributor Multi Level Marketing (MLM). Jurnal Psikologi. Vol. 18. No.2. Surabaya : Fakultas Psikologi.

Yuli, S. (2004). Kinerja Aparatur Pemerintah Masih Memprihatinkan. http://www.suaramerdeka. com

Yuliani, L.S. (2005). Hubungan antara Model Kepemimpinan Transformasional dengan Kinerja Karyawan. Skripsi (Tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muham- madiyah Surakarta.

Korelasi Kecerdasan Emosi dan Stres Kerja dengan Kinerja

Article Metrics

Abstract view(s): 1042 time(s)
PDF: 581 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.