HUBUNGAN ANTARA EMOTIONAL BONDING DAN CITRA KUALITAS PRODUK DENGAN MINAT MEMBELI PADA KONSUMEN

Ika Puspitasari(1*), Thulus Hidayat(2), Susatyo Yuwono(3),

(1) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v12i1.1606

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan, yaitu, (1) mengetahui hubungan antara emotional bonding dan citra kualitas produk dengan minat membeli pada konsumen; (2) mengetahui hubungan antara emotional bonding dengan minat membeli pada konsumen; (3) mengetahui hubungan antara kualitas produk dengan minat membeli pada konsumen; (4) seberapa tinggi tingkat minat membeli pada konsumen; (5) seberapa tinggi emotional bonding; (6) seberapa tinggi citra kualitas produk; dan (7) variabel yang dominan antara emotional bonding dan citra kualitas produk terhadap minat membeli pada konsumen. Populasi penelitian ini adalah seluruh warga di desa Suruh kecamata Suruh Kabupaten Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian in iadalah 64 ibu-ibu yang ikut keg- iatan PKK. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah teknik random Sampling. Analisis data menggunakan teknik korelasi anareg. Kesimpulan dari hasil analisis data yaitu, (1) ada hubungan positif yang signifi kan antara emotional bonding dan citra kualitas produk dengan minat membeli pada konsumen; (2) ada hubungan positif antara emotional bonding dengan minat membeli pada konsumen; (3) ada hubungan negatif antara citra kualitas produk dengan minat membeli pada konsumen; (4) minat membeli pada konsumen tergolong sedang; (5) emotional bonding tergolong sangat tinggi; (6) citra kualitas produksi tergolong sedang; (7) variabel emotional bonding mempu- nyai pengaruh lebih dominan dibandingkan variabel citra kualitas produk terhadap minat membeli pada konsumen.

Full Text:

PDF

References

Asyari, I. S. (1989). Metode Penelitian Sosial. Surabaya : Usaha Nasional.

As’ad, M. (2001). Psikologi Industri Seri Ilmu Sumber Daya Manusia: Liberty. Yogyakarta.

Azwar, S. (2001). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Anggono, T. (2001). Hubungan Antara Pemenuhan Kebutuhan Rohaniah dengan Kecenderungan Kebut-kebutan di Jalan raya pada Remaja Laki-laki. Sosiohumanika. 15 A(2). September. 2001. Hal. 320-336.

Hadi, S. (1989). Statistik 1. Yogyakarta : Andi Offset.

__________. (2002). Metodologi Research. Yogyakarta : Andi Offset

Hamka, M. (2002). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pengawasan Kerja dengan Motivasi Berprestasi. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Fakultas Psikologi. Tidak diterbitkan.

Handoko, T. H. (1991). Manajenaen Personalia dan Sumber Daya Munusia. BPFE Yogyakarta.

Faisal, S. (1991). Dasar dan Teknik Penyusunan Angket. Surabaya : Usaha Nasional.

Goble, F. G. (1999). Mazhab Ketiga Psikologis Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Kanisius.

Gunarsa, S. D. dan Yulia Singgih D. Gunarsa. (1997). Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta : BPK Gunung Agung.

Gunawan, W. (2000). Psikologi Umum. Bandung: PT Gresco.

Kartono, K. (1996). Psikologi Sosial untuk Manajemen Perusahaan dan Industri. Jakarta: CV. Rajawali.

Keban, Y. T. (2004). Memahami Good Governane dalam Perspektif Sumber Daya Manusia. Yog- yakarta: Gava Media.

Koeswara, E. (1991). Teori-Teori Kepribadian. Bandung: PT Gresco.

Mar’at. (1991). Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mardalis, A. (2002). Peran Citra Perusahaan dalam Mempengaruhi Nasabah untuk Memilih Suatu Bank. Jurnal Benefi t. Vol.6.No.1. Juni 2002. hal. 8-13.

Masruri, A. (2004). Kualitas Pelayanan Perpustakaan (Studi Kasus pada Perpustakaan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Volume 1. Nomor. 2. hal. 4-12.

Muhammad, M. (2004). Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Pelayanan di Metrodata Yogyakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vo. 2. No. 2 Maret. 2004. hal. 45-52.

Moekijat. (2001). Dasar-dasar Motivasi. Bandung: Pionir Jaya.

Nazir, M. (1992). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Panuju dan Umami. (1999). Pengantar Psikologi. Yogyakarta: Kanisius.

Poerwadarminta, W.J.S. (1989). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Rachini, Didik J. (1997). Ekonomi di Era Transisi Demokrasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rahardjo. (1996). Pengantar Ilmu Sosial. Klaten: Intan Pariwara.

Sugiyono. (1994). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, D. (1995). Psikologi Remaja, Dimensi-dimensi Perkembangan. Bandung: Mandar Maju.

Sudjana, N. (2001). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah : Makalah – Skripsi – Tesis – Disertasi. Jakarta : Sinar Baru Algensindo.

Supranto, J (1986). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta. Rineka Cipta.

Suryabrata, S. (2003). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafi ndo Persada.

Swastha, B. (1992). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, A. (2000). Total Quality Management (TQM). Yogyakarta. Andi Offset.

Utomo, H. (2001). Strategi Harga Diskon dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Eko- nomi dan Bisnis. Vo. 2. No. 2 Maret. 2004. hal. 24-30.

Walgito, B. (1993). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Wijandi, S. (2000). Pengantar Kewiraswastaan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Article Metrics

Abstract view(s): 545 time(s)
PDF: 288 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.