STUDI KORELASI EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK : TELAAH PADA SISWA PERGURUAN TINGGI

Aulia Kirana, Moordiningsih Moordiningsih

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v12i1.1610

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efi kasi diri dan dukungan sosial dengan prestasi akademik mahasiswa, peran efi kasi diri terhadap prestasi akademik serta peran dukungan sosial terhadap prestasi akademik. Subjek penelitian sebanyak 86 orang, diambil dari populasi mahasiswa fakultas psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alat ukur yang digunakan adalah skala efi kasi diri dari Elias (2008), Multidimensional Scale of Perceived Social Support yang dirumuskan oleh Zimet, Dahlem, Zimet & Farley (1988) dan dokumentasi nilai in- deks prestasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisa regresi dua predictor. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan antara efi kasi diri dan dukungan social dengan prestasi akademik dengan nilai koefi sien korelasi (R) sebesar 0,310; p = 0,015 (p < 0,05) dan sumbangan efektif sebesar 9,6%. Peran efi kasi diri terhadap prestasi akademik sebesar 7,3% dengan dominasi aspek tingkatan dan kekuatan, sementara aspek keluasan tidak memberikan kontribusi signifi kan. Peran dukungan sosial terhadap prestasi akademik sebesar 7,1% dengan dominasi faktor dukungan teman dan dukungan keluarga, sementara dukungan orang lain yang dianggap penting tidak menunjukkan kontribusi yang signifikan.

Full Text:

PDF

References

Azwar, S. (2008a). Reliabilitas dan validitas (edisi ke VIII). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Chaplin, J. P. (2005). Kamus lengkap psikologi (alih bahasa : Dr. Kartini Kartono). Jakarta : PT Raja Grafi ndo Persada

Cheng, S.T., Chan, A.C.M. (2004). The multidimensional scale of perceived social support: dimension- ality and age and gender differences in adolescents. Artikel. DOI:10.1016/j.paid.2004.01.006. Diunduh melalui http://mrvar.fdv.uni-lj.si/sola/info4/tina/clanki/vadnal_izabel.pdf.

Elias, R.Z. (2008). Anti-intelectual attitudes and academic self-effi cacy among business students. Journal of education for business. 110-116.

Kim, U., Yang, K.S., Hwang, K.K.(2010). Indigeneous and cultural psychology : memahami orang dalam konteksnya. Jakarta : PT Pustaka Pelajar

Marjoribanks, K. (1982). The relationship of children’s academic achievement to social status and family learning environment. Educational and Psychological Measurement. 42. 651-655. DOI:10.1177/001316448204200230. Diunduh melalui epm.sagepub.com/con- tent/42/2/651.

Pajares, F. (2002). Overview of social cognitive theory and of self effi cacy. Artikel. Diunduh melalui http://www.emory.edu/EDUCATION/mfp/eff.html.

Sahputra, N. (2009). Hubungan konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa S1 keperawatan semester 3 kelas ekstensi psik fk usu medan. Skripsi Diunduh melalui http:// repository. usu.ac.id/bitstream/123456789/14291/1/09E00579.pdf.

Sarason, I.G., Levine, H.M., Basham, R.B., Sarason, B.R. (1983). Assesing social support : The social support questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology. 44(1). 127- 139. DOI:0022-3514/83/4401-0127800.75. Diunduh melalui http://web.psych.washington. edu/research/sarason/fi les/SocialSupportQuestionnaire.pdf.

Article Metrics

Abstract view(s): 354 time(s)
PDF: 275 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.