Transmisi Nilai Prososial pada Remaja Jawa

Rini Lestari(1*),

(1) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.3043

Abstract

Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar memiliki kekayaan alam dan keanekaragaman budaya serta berbagai suku bangsa yang tersebar di wilayahnya. Salah satu suku bangsa yang memiliki jumlah yang besar adalah suku Jawa. Pada masyarakat Jawa nilai-nilai tentang kerukunan, jujur, hormat, gotong royong, tepo sliro, eling lan waspodo, sabar sareh narimo, tulung tinulung (prososial) dan sebagainya diajarkan sec ara turun temurun agar nilai-nilai tersebut menjadi karakter masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana transmisi nilai-nilai prososial (tulung tinulung) pada remaja Jawa. Subyek penelitian berjumlah 95 remaja yang memiliki orangtua (ayah dan ibu) Jawa, berbahasa Jawa sebagai bahasa ibu dan tinggal di Surakarta. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transmisi nilai prososial dilakukan secara vertikal (orangtua kepada anak), miring (guru, tetangga, extended family) dan horisontal (teman). Adapun proses transmisi melalui sosialisasi, enkulturisasi dan akulturasi menggunakan berbagai macam metode seperti modelling, pemberian nasehat, ajakan, cerita, menyuruh, penguatan dan media. Berdasarkan temuan ternyata keluarga merupakan pihak pertama tempat anak mengenal dan belajar nilai prososial dan ibu memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan nilai prososial pada anak-anaknya.  Kata kunci : jawa, prososial, transmisi nilai

References

Al Qur’an Al Karim dan Terjemahnya. Diterjemahkan oleh YayasanPenyelenggara Penerjemah Al Qur’an. Semarang : Penerbit PTToha Putra.

Bandura, A. 1986. Social Foudation of Thought and Action : Social Cognition Theory. New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Bar, J.J. & D’Alessandro, A.H. 2007. Adolescent Empathy and Prosocial Behavior In The Multi Dimentional Context of School Culture. Journal of Genetic Psychology, 168(3), 231-250.

Baron, R.A. & Byrne, D. 2005. Psikologi Sosial Jilid 2. (Terjemahan Ratna Djuwita dkk.). Jakarta : Penerbit Erlangga.

Berry, J.W., Poortinga, Y.H., Segall. M.H., Dasen, P.R. 1992. Cross-Cultural Psychology : Research and Aplications. Cambridge University Press.psikologi Lintas Budaya : Riset dan aplikasi, 1999. Jakata : Pt Gramedia Pustaka Utama.

Carlo, G., McGinley, M., Hayes, R., Batenhorst, C. & Wilkinson, J. 2007. Parenting Style or Practices? Parenting Styles, Parental Practices, Sympathy and Prosocial Behaviors Among Adolescents. Journal of Genetic Psychology, 168 (2), 147-176.

Dayakisni, T. 2004. Pengantar Psikologi Lintas Budaya. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Gentile, D.A., Anderson, C.A., Yukawa, S., Ihori, N., Saleem, M., Ming, L.K., Khoo, A. 2009. Effects of Prosocial Video Games on Prosocial Behaviors : International Evidence From Correlational, Longitudinal and Experimental Studies. Personality and Social Psychology Bulletin, 35 (6), 753-763.

Greitemeyer, T. 2008. Effects of Songs With Prosocial Thought, Affect and Behavior. Journal of Experimental Social Psychology, 45 (1), 186-205.

Hasting, P.D., McShane, K.E., Parker, R. & Ladha, F. 2007. Ready to Make Nice : Parental Socialization of Young Sons’ and Daughters’ Prosocial Behaviors With Peers. Journal of Genetic Psychology, 168(20), 177-200.

Hyson, M. & Taylor, J.L. 2011. Caring About Caring : What Adults Can Do to Promote Young Children’s Prosocial Skills. Research In Review, 74-83. http : www.naeys.org/yc/permissions.

Lestari, S. 2012. Konsep dan Transmisi Nilai-nilai Jujur, Rukun dan Hormat. Disertasi. Yogyakarta : Program Doktor Psikologi UGM.

Lim, K.M. 2007. Development of Prosocial Values : Serving Learning as a Strategy. Youth Guidance : Issues, Interventions & Reflections, 28 – 40. Singapore : Pearson Education.

Matsumoto, D. 2004. Psikologi Lintas Budaya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Mau, H.K., Cheon, P.C. & Shek, D.T.L. 2007. The Relation of Prosocial Orientation to Peer Interactions, Family Social Environment and Personality of Chinese Adolescents. International Journal of Behavioral development, 31(1), 12-18.

Piff, P.K., Kraus, M.W., Cote, S., Cheng, B.H. & Keltner, D. 2010. Having Less, Giving More : The Influence of Social Class on Prosocial. Journal of Personality and Social Psychology, 99(5), 771-781.

Saroglou, V., Pichon, I., Trompette, L., Vershueren, M., Derrelle, R. 2005. Prosocial Behaviors and Religion : New Evidence Based on Projective Measures and Peers Ratings. Journal for The Scientific Study of Religion, 44(3), 323-348.

Suseno, F.M. 1996. Etika Jawa : Sebuah Analisa Tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa. Jakarta : PT Gramedia.

Trommsdorff, G., Friedlmeier, W. & Mayer, B. 2007. Sympathy, Distress and Prosocial Behavior of Preschool Children In Four Cultures. International Journal of Behavioral Development, 31, 284-293.

Wetzel, K.R., Filisetti, L. & Looey, L. 2007. Adolescent Prosocial Behavior : The Role of Self-processes and Contextual Cues. Child Development, 78, 895-910.

Article Metrics

Abstract view(s): 2203 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 4697 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.