Model Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini Melalui Program Islamic Habituation

Widyaning Hapsari(1*), Itsna Iftayani(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(2) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4456

Abstract

Penanaman karakter di usia prasekolah merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Upaya pembentukan karakter sesuai dengan budaya bangsa ini tentu tidak semata dilakukan di sekolah melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar, akan tetapi juga dengan pembiasaan (habituasi) dalam kehidupan yang mencakup: religiusitas, kejujuran, kedisiplinan, toleransi, tanggung-jawab. Tujuan peneltian ini adalah untuk  menerapkan model pendidikan karakter pada anak usia dini melalui Islamic Habituation di Taman Kanak-kanak Aisyah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang menghasilkan produk berupa model pendidikan karakter pada anak usia dini. Data yang terkumpul melalui metode observasi dan wawancara dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data penelitian adalah program Islamic Habituation dapat diterima oleh pihak sekolah beserta siswa dan wali murid. Selain itu, peluang untuk diimplementasikannya program sangat baik sehingga dapat dikatakan bahwa program Islamic Habituation layak diterapkan. Kegiatan pendidikan karakter berupa Program Islamic Habituation meliputi beberapa tahap yaitu: tahap penyusunan program, sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengembangan.

Kata kunci :anak usia dini, islamic habituation, pendidikan karakter

References

Aristowati. (2012). Strategi Pembelajaran Disiplin Pada Anak TK Di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Thesis. Semarang : Universitas Negeri Semarang

John, E. (2011). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Anak di Kelas melalui Cerita. Jurnal Pendidikan Penabur, No 16/ tahun ke 10

Lindawati, F. (2011). Pelaksanaan metode keteladanan dalam membina akhlak anak di RA Nurussibyan randugarut tahun peajaran 2011/1012. Skripsi. Semarang : IAIN Walisongo

Megawangi, R. (2010).Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Makalah. Bogor: Kementerian Pendidikan Nasional

Murdiono, M. Metode penanaman nilai moral untuk anak usia dini. Ringkasan Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Nurhayati, I. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang tua dengan Kedisiplinan Anak Usia Prasekolah (3-5 tahun) di PAUD Annida Kersan Pegandon Kendal. Skripsi. Semarang : Universitas Muhammadiyah

Puji, D. Peningkatan Kemampuan Disiplin Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Peran di RA Muslimat NU Mafatihul Islamiyah Dwi Puji Rahayuningsih. Jurnal Ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang

Raharjo, F. (2013). Hubungan Partisipasi Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan kedisiplinan belajar dengan kemandirian belajar siswa sekolah menengah atas negeri 1 Boyolali tahun ajaran 2013/2014. Skripsi.

Ramadhan, M. (2012). Metode Keteladanan (Uswah) Dalam Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara

Rahmayani, A. (2013). Teori Albert Bandura (Modeling). diakses dari http://12008ars.blogspot.com/2013/06/teori-albert-bandura-modeling.html?m=1

Wahyuni, S. (2011). Pelaksanaan metode pembiasaan dalam pembelajaran pengembangan agama Islam di Taman Kanak-kanak A Drono IV Ngawen Klaten pada tahun 2010/2011. Skripsi. Semarang : IAIN Walisongo

Wirma, N. (2010). Pelaksanaan penanaman disiplin pada anak dia taman kanak-kanak ADHY AKSA XXVI. Jurnal Pesona PAUD.

Article Metrics

Abstract view(s): 5783 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 4792 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.