EQUAL EMPLOYMENT OPPORTUNITY DAN UPAYA PENYETARAAN PERLAKUAN PEKERJA PEREMPUAN

Mhd Bagus Sudinadji

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4546

Abstract

Perusahaan di masa depan tidak dapat menghindari kecenderungan pluralitas dan keberagaman angkatan kerja, khususnya tenaa kerja perempuan. Pekerja perempuan adalah bagian SDM yang pada saat ini penting untuk ditelaah oleh pihak manajemen karena perannya di masa depan akan memberikan kontribusi yang berarti. Data-data laju partisipasi angkatan kerja menurut jenis kelamin menunjukkan porsi pekerja perempuan tumbuh progresif dibandingkan pekerja laki-laki, sementara kebijakan/perlakuan atas peluang peran perempuan masih terdistorsi. Maka sebagai upaya membangun keterlibatan yang tinggi antar tenaga kerja, integrasi penuh serta tercapainya penghormatan-penghargaan yang sama, juga sikap saling belajar di antara pekerja (laki-laki - perempuan), pihak manajemen perlu memulai membangun visi melalui equal empolyment oportunity (EEO).

References

Iswanto, Y. 1999. Paradigma Baru Pengelolaan Keberagaman Tenaga Kera. Majalah Usahawan. No. 02/Th.XXVIII Pebruari. Jakarta, Lembaga Manajemen FE UI.

Kossen, S. 1983. Aspek Manusiawi dalam Organisasi. Jakarta, Penerbit Erlangga.

Kumalaningrum, MP. 1999. Multicultural Organization: Strategi Mengelola Keberagaman Tenaga Kerja. Majalah Usahawan. No. 02/Th.XXVIII Pebruari. Jakarta, Lembaga Manajemen FE UI.

Pella, A. 1999. EEQ. Tabloid Peluang. No. 39-40/Th I/Agustus. Jakarta, PT. Amanah Armansyah Putra.

Rosenberg, J.M. 1978. Dictionary of Business and Management. Canada, John Wiley & Sons, Inc.

Safa'at, R. (Ed). 1998. Buruh Perempuan : Perlindungan Hukum dan Hak Azasi Manusia. Malang, Penerbit IKIP Malang.

Article Metrics

Abstract view(s): 621 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 256 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.