PSIKOPROFETIK DALAM PENANGGULANGAN KORBAN NAPZA

Yadi Purwanto

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4601

Abstract

Peredaran narkotika di Indonesia telah mencapai prevalensi 0.065% penduduk itu berarti 105.000 orang, padahal angka itu adalah baru sepersepuluh dari gunung es para korban. Berdasarkan logika mafia, perkembangannya seperti bisnis multi level marketing, dengan uang beredar 4.93 hingga 14.73 triyun rupiah hanya di pemakai saja belum yang beredar pada bisnis terkaitnya seperti prostitusi, judi, minuman keras dan juga kejahatan. Korban terus berjatuhan. Upaya terus dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat, termasuk rehabilitasi. Salah satu metode rehabilitasi yang dikembangkan adalah terapi komunitas dengan basik psikoprofetik. Metode intergratif (syumuli), ilmiah-amaliyah, psikofisik, sosio-religi. Berbagai program implementasi dikembangkan seperti kegiatan ritual keagamaan, olah fikir, olah psiko-fisik, kreativitas dan hobi, psiko-sosial dan konseling. Asumsi dasar yang dipakai bahwa para korban narkotik adalah terbiarkannya potensi insaniyah dan potensi hidayah yang telah disediakan oleh Allah sang Pencipta baik melalui diri manusia (alam mikrokosmos: akal, hati, ruh, nafs, fitrah) dan juga alam raya (alam makrokosmos).

References

Anabhani, Taqiyuddin. 1992. Makalah Pelatihan Lembaga Dakwah Kampus Universitas Padjajaran.

Huston, Smith, 1976, “Forgotten Truth : The Primordial Tradition”, Harper & Row.

Jateng Pos. 1999. September

_______, 1999, 2 Oktober

LKTI team, 1999, Penelitian Narkotika: Tinjauan Penyalahgunaan Narkotika Al Kohol dan Zat Adiktif pada Usia Remaja dan Dewasa Muda. Surakarta.

Ostman, Bakar. 1991. Tauhid dan Scientific, diterjemahkan oleh Pustaka Hidayah Bandung.

Purwanto, Yadi, 1997, Penelitian Terapi di Inabah Surabaya, Fakultas Psikologi UMS. Surakarta

_________, 1998, Makalah: Psikoprofetik, terapan dalam

bidang Klinis, Simposium Nasional Psikologi Islami III, 1998, di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

_________, 1999-a, Makalah: Terapi Komunitas (santri) dalam Penanggulangan Korban Miraskoba, Seminar Nasional Narkoba, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

_________, 1999-b, Makalah: Kecemasan Generasi Bangsa TERhadap Mafia Narkotika, Seminar sehari Narkotika dan free seks, STKIP Ngawi, Ngawi.

Qordhawi, Yusuf. 1973. Al Iman wal hayat. Maktabah wahbah.

Republika. 1999. 24 September

Solo Pos. 1999. 27 September

Suara Merdeka. 1999. 29 Oktober

Article Metrics

Abstract view(s): 122 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 25 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.