HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN SIKAP SADAR GENDER DENGAN KEPUTUSAN KARIR PADA REMAJA AKHIR PEREMPUAN

Woro Ayu Priyanggaeni, Juliani Prasetyaningrum, Siti Nurina Hakim

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4622

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan sikap sadar gender dengan keputusan karir pada remaja akhir perempuan. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Psikologi. Mereka berjumlah 70 orang. Cluster random sampling digunakan untuk mendapatkan subjek penelitian ini.

Untuk pengambilan data digunakan tiga skala, yaitu Skala Keputusan Karir, Skala Kepercayaan Diri, dan Skala Sikap Sadar Gender. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dua predikator. Hasilnya menunjukkan (1) ada hubungan yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dan sikap sadar gender dengan keputusan karir remaja akhir perempuan. (2) ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dengan keputusan karir remaja akhir perempuan, (3) ada hubungan positif yang sangat signifikan antara sikap sadar gender dengan keputusan karir remaja akhir perempuan.

 

References

Astuti, M., Indati, A. & Sastriani, S. (1999). “Bias Gender dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Gender, Vol. 1 No. 1, hal 1-14

Djojonegoro, A.W. (1995, April).”Kesadaran Gender pada Era Indonesia Modern. Nasehat Perkawinan dan Keluarga.” Majalah Bulanan BP-4 no. 274, hal 2-27

Dowling, C. (1995). Tantangan Wanita Modern (Terjemahan dari The Cinderella Complex). Jakarta: Erlangga.

Lyons, B. (1998). Wanita-wanita Lajang. Jakarta: Yayasan Mega Media Abadi.

Kantor Menteri UPW. (1996). Peningkatan Peranan Wanita dalam Pembangunan Bangsa Berwawasan Kemitrasejajaran yang Harmonis antara Pria dan Wanita dengan Pendekatan Gender. Edisi ke II 20 Mei 1996. Jakarta: Kantor Menteri UPW.

Meisa, D. (1998). Sikap Sadar Gender dan Tingkat Stress pada Suami Istri Rumah Tangga Pekerja Ganda. Skripsi: (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Murniati, A.N.P. (1993). “Pengaruh Agama dalam Ideologi Gender.” Dinamika Gerakan Perempuan di Indonesia. Editor: Fauzie Ridjal dkk. Yogyakarta: Tirawacana.

Prapti, T. (1993). Wanita dan Perubahan Sosial: Dinamika Gerakan Perempuan di Indonesia. Editor Fauzie Ridjal dkk. Yogyakarta: Tirawacana.

Pramono, D.M. (1991). Kiat Sukses Perempuan Pengusaha: Perempuan Indonesia Pemimpin Masa Depan. Penyunting Tan. Melly, G. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Susianti, S. (2000). Perempuan Indonesia Menyongsong Abad 21 Kajian tentang Kedudukan dan Peran dalam Pengembangan. Jakarta: Pusat Pengakajian dan Pelayanan Informasi Sekjen DPR RI.

Thalib, B.S. (1996). Kematangan Pilihan Karir Ditinjau dari Konsep Diri dan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SMU Negeri di Kab. Kambang. Tesis (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Yulia, M. (1999, Juni). “Dukungan Orang Tua Terhadap Keputusan Karir Remaja dan Status Keputusan Karir Remaja” Phronesis Vol. 1 No. 1, hal 17-21

Article Metrics

Abstract view(s): 567 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 155 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.