KEMATANGAN DIRI PADA PERILAKU SENI TEATER

Fifi Lutfiah, Susatyo Yuwono, Niken Iriani

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4652

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami dan memaparkan berbagai fenomena mengenaikematangan diri pada pelaku seni teater. Pertanyaan penelitian yang diajukan sebagai berikut : 1) Bagaimana kematangan diri pada pelaku seni teater, 2) bagaimana keterkaitan proses teater dalam pembentukan pribadi yang matang bagi pelakunya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah interview, observasi, angket, dan asesmen psikologi berupa Tes 16 PF. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis induktif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang anggota Teater Ruang. Hasil penelitian menunjukkan pelaku seni teater mempunyai kematangan diri yang memadai. Proses teater yang dijalani, dipahami dan dihayati secara terus menerus dan berkesinambungan membawa pada suatu keadaan proses perkembangan diri menuju ke arah pribadi yang lebih matang.

 

References

Apriadi, D. Pengaruh Pemberian Latihan Dasar Keaktoran dalam Sebuah Proses Pementasan Teater terhadap Kestabilan Emosi. Skripsi Fakultas Psikologi UGM (tidak diterbitkan).

Dahana, R.P. (2001). Homo Theatricus. Magelang : Indonesiatera.

Iriani, N. LNH. (1997). Seni Wahana untuk Memanjakan Rasa dan Mencerdaskan Emodi, Kognisi Vol. 1 No. 2 Hal. 55-62. Surakarta: Fakultas Psikologi UMS.

Monks, F.J. (2001). Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: UGM Press.

Salad, H. (2000). Agama Seni. Yogyakarta : Semesta.

Saptowati, G. (2001). Perbedaan Pemahaman Konsep Kebermaknaan Hidup pada Mahasiswa yang Mengikuti dengan yang tidak Mengikuti Teater. Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologi UMS

Schultz, D. (1991). Psikologi Pertumbuhan Model-model Kepribaian Sehat. Yogyakarta: Kanisius

Siswandi, P.M. (2002). Kematangan Kepribadian pada Aktivis Gerakan Mahasiswa Perspektif Kebutuhan Aktualisasi Diri. Anima, Indonesian Psychological Journal, Vol. 17 No. 3 Hal. 257-269. Surabaya

Stanislavski, K. (1980). Persiapan Seorang Aktor Diterjemahkan oleh Asrul Sani. Jakarta: Pustaka Jaya.

Article Metrics

Abstract view(s): 568 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 142 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.