Peran Daya Juang dengan Prestasi Tahfidzul Quran

Dian Citra Murti(1*), Wisnu Sri Hertinjung(2),

(1) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v2i1.4983

Abstract

Pencapaian santri dalam prestasi Tahfidzul Qur’an tidaklah mudah. Santri diharapkan mempunyai daya juang yang tinggi agar dapat bertahan dengan kesulitan yang harus dihadapi dalam menghafal Al Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara daya juang dengan prestasi Tahfidzul Qur’an. Penelitian ini dilakukan di sebuah pondok pesantren yang mengkhususkan pada tahfidzul Qur’an di wilayah Klaten. Subyek penelitian pada penelitian ini berjumlah 60 santri kelas XI yang diambil dengan dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan skala daya juang dan prestasi Tahfidzul Qur’an dengan menggunakan dokumentasi nilai Hifdzul Qur’an. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik Nonparametric Spearman’s rho. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh hasil koefisien korelasi (r) sebesar 0,066 (p) = 0,307 (p>0,05). Yang artinya tidak ada hubungan antara daya juang dengan prestasi Tahfidzul Qur’an. 

Kata kunci : daya juang, prestasi, tahfidzul Qur’an

References

Ahmadi ,S, W. S. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryanto, E., R.C (2015). Pengembangan Aplikasi Mutabaah Tahfidz Al-Qur’an Untuk Mengevaluasi hafalan. Jurnal Algoritma, Vol. 12 No. 1, 1-4. 11

Hasanah, H. (2010). Hubungan antara Adversity Quotient dengan Prestasi Belajar Siswa SMUN 102 Jakarta Timur. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.Nakah Publikasi.

Lutfiah, F. (2011). Hubungan Antara Hafalan Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar AlQur’an Hadist Siswi MTS Asy Syukriyah Cipondoh Tangerang. Skipsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu keguruan. Jakarta. Naskah Publikasi.

Mufid, F. (2010). Posisi Al-Qur’an Dalam Struktur Dan Sumber Ilmu Islam. Jurnal Media Dialektika Ilmu Keislaman, Vol. 2. No. 2 hal : 33-54.

Purwanto, S. (2007). Hubungan Daya Ingat Jangka Pendek Dan Kecerdasan Dengan Kecepatan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Suhuf. Vol 19, no. 01, Mei 2007 (70-83). https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/903

Ra'uf, A. A. (2004). Kiat Sukses Menjadi Hafizh Qur'an Da'iyah. 2004: Syaamil Cipta Media.

Sa'dulloh. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur'an. Jakarta: Gema Insani.

Syah, M.(2008). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset

Article Metrics

Abstract view(s): 704 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 1049 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.