Meningkatkan Memori Jangka Pendek dengan Karawitan

Very Julianto(1*),

(1) Program Studi Psikologi Fakultas Sosial Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v2i2.5451

Abstract

Penelitian ini secara khusus meneliti pengaruh mendengarkan musik karawitan terhadap kinerja memori jangka pendek siswa UIN Bandung. Berdasarkan fenomena sehari-hari ada siswa yang belajar dengan mendengarkan musik dan ada yang tidak. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari berbagai fakultas UIN Sunan Gunung Jati Bandung yang diambil dari berbagai semester. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan teknik pengambilan sampel acak, sampel diambil secara acak untuk mewakili populasi di mana sampel diambil. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok kontrol pretest-pottest. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa mendengarkan musik karawitan, mampu meningkatkan kinerja memori jangka pendek.

Kata kunci : memori jangka pendek, musik karawitan

References

Analia & Rodiani Moekroni. (2016). Pengaruh Pemberian Terapi Musik Klasik dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan. Majority. 5(1). 6-11.

Christense. (2004).Educationalresearch: Quantitative, qualitative, and mixed approaches, second edition. Pearson: USA

Dennison, P.E. (2008). Buku Panduan Lengkap Brain Gym. Jakarta: Gramedia.

Deporter, Bobbi & Hernacki, Mike. (2016). Quantum Learning. Bandung : Mizan.

Dewi, E. K., Rusmawati, D., & Ratnaningsih, I. Z. (2015). The Effect of Music and Motoric Movement Intervention to Increase Attention among Elementary School Studentsin Semarang Central Java. Procedia Environmental Sciences. 23. 179 – 185.

Djohan. (2006). Terapi Musik Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Galangpress.

Drajat, R. S., Wardhana, E. S., & Rochmah, Y. S. (2017). Perbedaan pengaruh musik instrumental kitaro dan musik tradisional langgam jawa terhadap tingkat kecemasan anak – anak sebelum tindakan perawatan gigi. ODONTO Dental Journal. 4(1). 21-26.

Faradisi, Firman. (2012). Efektivitas Terapi Murotal dan Terapi Musik Klasik terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pasien Pra Operasi di Pekalongan. Jurnal Ilmiah Kesehatan. 5(2).

Feldman, Robert S. (2012). Understanding Psychology. Jakarta: Salemba Humanika.

Gallego, M. Gómez & Garcia, J. Gómez. (2017). Music therapy and Alzheimer’s disease: Cognitive, psychological, and behavioural effects. Neurología. 32(5). 300—308

Giannouli, V., Lytras, N., & Syrmos, N. (2012). Is there a place for music in Nuclear Medicine? Hellenic Journal of Nuclear Medicine. 15(3). 188-189.

Gunawan, Adi W. (2007). Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Guyton, A. C., & Hall, J. E. (2014). Textbook of Medical Physiology (11th ed.). Singapore: Elsevier.

Hadi W, Rita. (2013). Pengaruh Intervensi Musik Gamelan Terhadap Depresi Pada Lansia Di Panti Wreda Harapan Ibu, Semarang. Jurnal Keperawatan Komunitas . 1(2). 135-140.

Hidayat, Saifaturrahmi. (2011). Pengaruh musik klasik terhadap daya tahan konsentrasi mahasiswa dalam belajar. Skripsi: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Janah, S. N., Nurhayati, T., & Masdudi. (2016). Penerapan terapi musik instrumental klasik untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran ips di smpn 1 talun kabupaten cirebon. Jurnal Edueksos. 5(2). 207-215.

Jones, A. (2010). Music and the Cognitive Process – Student Perceptions. Polyglossia. 19. 143-150.

Julianto, V.,&Etsem, M.B.(2011). Pengaruh membaca ayat al quran terhadap kemampuan short-term memory dilihat dari perubahan gelombang otak. Jurnal Psikologi. 38(1).17-29.

Kapadia, Mahes. (2006). Mendongkrak Daya Ingat Untuk Orang Yang Mudah Lupa. Bandung: Penerbit Jabal.

King, Laura A. (2014). Psikologi Umum. Jakarta : Salemba Humanika.

Koelsch S., Kasper E., Sammler D., Schulze K., Gunter T., & Friederici AD. (2004). Music, language and meaning: brain signatures of semantic processing. Nature Neurosciene. 7(3). 302–307.

Lidyansyah, Intan P. D. (2014). Menurunkan tingkat stres kerja pada karyawan melalui musik. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 2(1). 62-74.

Ling, Jonathan & Calting, Jonathan. (2012). Psikologi Kognitif. Surabaya: Erlangga.

Martopangrawit. (1969). Pengetahuan Karawitan 1. Surakarta : Akademi Karawitan Indonesia.

Morton LL, Kershner R, & Siegel SL. (1990). The potential for therapeutic applications of music on problems related to memory and attention. Journal of Music Therapy. 27(4). 195-208.

Nuryana, Aryati & Setiyo Purwanto. (2010). Efektivitas Brain Gym dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak. Jurnal Ilmiah Psikologi. 12 (1). 88-99.

Pasiak, T. (2007). Brain Management for Self Improvement. Bandung: Mizan.

Pope, Kelsey. (2017). The Effects of Jazz and Classical Music on Recall. Journal of Health Education Research & Development. 5(2). 1-3.

Popescu M, Otsuka A, & Ioannides AA. (2004). Dynamics of brain activity in motor and frontal cortical areas during music listening: a magnetoencephalographic study. Neuroimage. 21. 1622–1638.

Purwadi. (2006). Seni Karawitan Jawa Ungkapan Keindahan dalam Musik Gamelan. Jogjakarta: Hanan Pustaka.

Rahmawati, I., Haroen, H., & Juniarti, N. (2008). Perbedaan Tingkat Stress Sebelum dan Sesudah Terapi Musik Pada Kelompok Remaja di Panti Asuhan Yasayan Bening Nurani di Kabupaten Sumedang. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjajaran.

Safrina, Rien. (2002). Pendidikan Seni Musik. Bandung: CV Maulana.

Sartika, E. D., & Rohmah, F. A. (2013). Pengaruh terapi musik gamelan terhadap ekspresi wajah positif pada anak autis. Jurnal Psikologi Integratif. 1(1). 31 – 43.

Solso & Maclin. (2002).Experimentalpsychology. Allyn & Bacon: Boston.

Solso, R. L., Maclin, O. H., & Maclin, M. (2008). Psikologi kognitif edisi kedepalan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sri, E. W. D. (1989). Psikologi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Grasindo.

Suryana, D. (2012). Terapi Musik. Ebook Theraphy. Diakses dari http://books.google.co.id/books?id tanggal 17 September 2017.

Susanti, Winja & Rohmah, Faridah A. (2011). Efektivitas Musik Klasik dalam Menurunkankecemasan Matematika (Math Anxiety) pada Siswa Kelas. Humanitas. 8(2).129-141.

Wade, C., & Tavris, C. (2008). Psikologi Jilid 1 Edisi 9. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Article Metrics

Abstract view(s): 7012 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 17476 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.