Keputusan Menjadi Muslimah

Muna Faiza Amatullah(1*), Nisa Rachmah(2), M. Darojat Ariyanto(3),

(1) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiayah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v4i1.5654

Abstract

Islam adalah agama terbesar kedua dunia setelah Kristen. Beberapa tahun terakhir populasi muslim mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan ini tidak hanya disebabkan pertumbuhan penduduk namun juga perpindahan agama atau konversi agama. Perpindahan tersebut membutuhkan proses pengambilan keputusan yang kompleks. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami proses pengambilan keputusan pada individu yang melakukan konversi agama atau disebut sebagai mualaf. Penelitian ini difokuskan pada mualaf perempuan usia dewasa awal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Informan terdiri dari 4 mualaf dengan kriteria 1) perempuan berusia 20-40 tahun; 2) mengikrarkan syahadat tidak lebih dari 3 tahun lalu; 3) keputusan pribadi. Metode pengumpulan data adalah wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pengambilan keputusan pada keseluruhan informan menggunakan pendekatan intuitif, karena cenderung cepat dan tidak melewati tahap pemilihan alternatif (2) Faktor-faktor yang mendukung proses pengambilan keputusan yaitu (a) kebermanfaatan untuk diri sendiri pada keseluruhan informan; (b) keyakinan pada informan 1 dan 4; (c) kesadaran pada informan 3.

Kata kunci: konversi agama; islam; mualaf; pengambilan keputusan; perempuan dewasa awal, 

Islam is the second largest religion in the world after Christianity, but in the last few years the Muslim population has increased significantly. This increase is not only due to population growth but also conversion. Such transfers require a complex decision making process. The main purpose of this research is to understand the decision-making process of individuals who convert to religion or referred to as converts. This research is focused on converting early adult women. This research is a qualitative research with a phenomenological approach. The informants consisted of 4 converts with criteria 1) women aged 20-40 years; 2) made the creed no more than 3 years ago; 3) personal decision. The method of data collection is in-depth interview. The results of the study show that (1) the decision-making process of all informants uses an intuitive approach, because it tends to be fast and does not pass through the alternative selection stage (2) Some factors that support the decision-making process are (a) usefulness for oneself to all informants; (b) confidence in informants 1 and 4; (c) awareness of the informant 3.

Keywords: converts; decision making; early adult women; slam; religious conversion

Full Text:

PDF

References

Astley J. M., Francis L.J., O’Higgins-Norman J., Scott D. (eds) (2009) The psychology of faith development. in: de souza international handbook of education for spirituality, care and wellbeing. International Handbooks of Religion and Education. 3. Springer, Dordrecht.

Arifin, N. (2015). Dinamika psikologi konversi agama pada mantan alkoholik. Skrpsi. Universitas Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta

Brice,A (2010) A minority within a minority : a Reposrt on covert to islam in the United Kingdom. Faith Metters. Diunduh dari http://faith-matters.org

Creswell, J.W. (2015) Penelitian kualitatif & desain riset: memilih antara lima pendekatan. Ahmad

Lintang. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Damanik, N. (2013). Gambaran proses pembuatan keputusan dalam melakukan konversi agama. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Daradjat, Z. (2010) Ilmu jiwa agama.Bulan Bintang: Jakarta .

Dmitry Uzlaner & Kristina Stoeckl (2019) From pussy riot’s ‘punk prayer’ to matilda: orthodox believers, critique, and religious freedom in Russia.Journal of contemporary religion. 34(3), 427-445.

Ghazali, I. (2013). .Ihya’ ulmuddin jilid 4. Jakarta: Republika Penerbit

Hurlock, E.B. (2003) Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan edisi 5.

Jakarta: Erlangga.

Jalaluddin, H. (2001) Psikologi Agama: edisi revisi. Jakarta: Raja Grafido Persada

Janis & Mann .(1977). Decision making: psychological analysis of conflict, choice and commitment.

New York: The Free Press.

James, W. (2015). The Variates of religious experiance: pengalaman-pengalaman religius.Alih bahasa: Luthfi Anshari. Yogjakarta: IRCiSoD.

Lunenbrug, C. (2010). The power of intuition: how to use your gut feeling to make better managirial decision. Internasional journal of management, bussiness and administration. 13(1). 1-5

Manzhur, I (Tanpa Tahun) Lisaanu Al-Arab. Dar Al-Ma’arif

Maryanto. (tanpa tahun). Pengambilan keputusan rasional vs intuitif.Diunduh dari http://www. bppk.kemenkeu.go.id/images/postingan/magelang/unduh/intuisi.pdf

Matzler, K. Franz, B & Moordian, T. (2007). Despite the welter of data and analytics at their disposal, experienced managers often need to rely on gut instinct to make complex decisions under duress. Intuitive decision making. MIT Sloan Management ReviewFall 2017.

Moelong, L.J. (2004). Metode penelitian kualitatif.Bandung: Remaja Rosdakarya

Moerika, N. (tanpa tahun). Proses pengambilan keputusan pada individu dewasa muda yang

melakukan konversi agama karena pernikahan. Abstrak. Depok: Univeritas Indonesia.

Najati, U.M. (2014) Al-qur’an wa ilmi an-nafsi. Kairo, Mesir: Dar-As-Syuruq

Papalia D.E., Olds, S.W, & Feldman, R.D (2009).Human development(perkembangan manusia

edisi 10 buku 2). Penerj: Brian Marwensdy). Jakarta: Salemba Humanika.

Pew Reseach Center (2015) The future world religions: population groth projections, 2010-2050 why muslim are raising fastest and the unaffiliated are shirking as share of the world population. Diunduh dari https://www.pewforum.org/2015/04/02/religious-projections-2010-2050/

Rambo, L.R (1993) Understainding religious conversion. London : Yale University Press..

Riegler, R.G. & Riegler, R.B. (2009) Cognitive psychology: Applying the science of mind: Second

Edition.USA: Pearson Education

Smith, E.E & Kosslyn, S.M. (2017) Cognitive Psychology: Mind and Brain. New Jersey: Pearson

Educational.

Thouless, R. (2005). Pengantar Psikologi Agama.Jakarta : Rajawali Press.

Qoyyim, I. (2007) Madarijus Salikin: Jenjang spiritual para penempuh jalan Tuhan Jilid I.Penerjemah: Kathur Suhardi. Jakarta: Pustaka kautsar

Article Metrics

Abstract view(s): 554 time(s)
PDF: 277 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.