EVALUASI PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN DALAM MEMBEKALI KOMPENTENSI CALON GURU

joko suwandi(1*), Rasianan Muhammad Sidik(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Sesuai Permendiknas No. 16 Tahun 2007, kegiatan PPL merupakan ajang untuk membentuk dan membina kompetensi yang dipersyaratkan oleh profesi kependidikan. Pertanyaan penelitian ini adalah sudah sesuaikah pelaksanaan PPL telah memberikan bekal kompetensi bagi calon guru ? Sehingga tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mengevaluasi pelaksanaan PPL dalam memberikan bekal kompetensi guru pada mahasiswa; (2) mengetahui berbagai hambatan dalam pelaksanaan PPL.

Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan sumber data mahasiswa Pendidikan Akuntansiyang telah melakukan PPL dan dokumen yang berhubungan dengan pelaksanaan PPL. Data dikunpulkan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data digunakan model triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.

Hasil penelitian ini antara lain: 1) Observasi sekolah memberikan informasi dan kesempatan mengobservasi secara langsung lingkungan sekolah dan kelas; 2) Sebagian besar mahasiswa mengajar mata pelajaran non-akuntansi dan non-ekonomi yang tidak sesuai dengan program studinya; 3) Kesempatan latihan mengajar terbimbing dinilai kurang, rata-rata hanya 2 kali, dan sebagian tidak pernah mendapatkan bimbingan secara khusus baik dari guru pamong; 4) Kesempatan latihan mengajar mandiri 4 kali lebih; 5) pengalaman menyusun RPP cukup; 6) Mahasiswa cukup mendapat pengalaman tugas di luar praktik mengajar, khususnya piket dan membantu kegiatan ekstra kurikuler; 7) Hasil penguasaan standard dan kompetensi dasar guru cukup memadai, 8) Mahasiswa masih banyak yang mengambil mata kuliah teori di semester bawah, 9) Kuliah teori di kampus sangat menganggu konsentrasi mahasiswa, 10) Penguasaan dan kemampuan menerapkan metode dan media pembelajaran sangat kurang.

Keywords

Evaluasi, Pelaksanaan PPL, dan Kompetensi Guru,

Full Text:

PDF

References

Daryanto. 2001. Petunjuk Praktek Mengajar. Bandung: Bina Karya.

Hamalik, Oemar. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. (1994). Qualitative data analysis: An expandedsourcebook. New York: SAGE Publications.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun Pedoman PPL FKIP UMS. 2012. Pedoman Program Pengalaman Lapangan. Surakarta: Laboratorium Fakultas – FKIP UMS.

Wahab, Abdul Aziz. 2007. Metode dan Model-model Mengajar. Bandung: Alfabeta

Article Metrics

Abstract view(s): 1489 time(s)
PDF: 539 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

ISSN: 2541-4569

Hosted by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.