IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Suyatmini Suyatmini

Abstract

        Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran akuntansi di SMK Surakarta. Penelitian dan pengembangan ini subjeknya adalah guru-guru akuntansi  SMK  di Surakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan analisis interaktif, yaitu  pengumpulan data, reduksi data, data display dan verifikasi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran akuntansi di SMK dilakukan dengan: (a) Kegiatan pembelajaran didesain sedemikian rupa agar  guru,  dapat melaksanakan proses pembelajaran secara professional, (b) Kegiatan pembelajaran diorganisasikan menjadi kegiatan: Pendahuluan, Inti, dan Penutup. Kegiatan inti dijabarkan dalam  kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, dalam bentuk: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan

Keywords

implementasi, pembelajaran, akuntansi, kurikulum 2013.

Full Text:

PDF

References

Anwar. 2006. “Penggunaan Peta Konsep Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan Proses, Hasil Belajar, dan Respons pada Konsep Ekosistem”. Dalam Jurnal Penelitian Kependidikan. Tahun 16 Nomor 1 Desember. Hal. 217-244.

Beauchamp, G. (1975). Curriculum Theory. Willmette, Illionis: The Kagg Press.

Dallimore, Elice. J. Hertenstein Julie H. dan Platt Majorie B. 2010 Issues In Accounting Education. Class Participation in Accounting Courses: Factors That Affect Student Comfort and Learning American Accounting Association DOI:10.2308/iace.2010.25.4.613. Vol.25.N0.4 2010pp. 613-629.

Depdikbud., 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015, Jakarta: Penerbit BPSDMPK dan PMP.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gregory Kenneth, Laing 2012. Higgher Education Studies Published by Canadian Center of Science and Education I integration of acomputer Application in a first Year Accounting Curriculum: An Evaluation of Student Attitudes, School of Accounting & Finance, Faculty of Commerce University of Wollongong, Australia, Vol. 2. No.2;June 2012.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Hasan, Said Hamid. (2000). “Pengembangan kurikulum berbasis masyarakat”. Makalah seminar nasional pengembangan program pendidikan berbasis kewilayahan menyongsong diterapkannya otonomi daerah, 31 Agustus 2000 di UPI Bandung.

Joyce, B & Weils, M. (1992). Models of teaching. (Fourth Edition). Needham Heights Massachusetts: Allyn & Bacon.

Iskandar, Srini M. 2006. ” Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dasar-Dasar Sains dengan Mengggunakan Pembelajaran Berkelompok (Learning Together) dan Pembelajaran Timbal Balik (Reciprokal Teaching)”. Dalam Jurnal Penelitian Kependidikan. Tahun 16 Nomor 1 Juni.

Kirkham, Ross 2013. An Approach to Improving the Learning Experience for First Year Accounting Currriculum University of the Sunshine Coast, Australia. E-Journal of Business Education & Scholarship of Teaching. Vol. 7, No.1. 2013, pp.74-81.

Lestianto. 2011 Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif CIRC berbasis lesson Study untuk meningkatkan asil belajar siswa untuk mata kuliah kewirausahaan.Malang: FE, UM.

Martini, dkk. 2006. “Meningkatkan Kemampuan Aspek Psikomotr Melalui Pembelajaran Berbasis Laboratorium pada siswa Kelas XI IPA I SMA Negeri I Jombang.” Dalam Jurnal Penelitian Kependidikan. Tahun 16 Nomor 2 Desember. Hal. 245-255.

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Saylor J.G. dan kawan-kawan. 1981. Curriculum Planning for Better Teaching and Learning. Fourth Edition. Japan: Holt, Rinehart and Winston.

Sarjono, Yetty dan Suyatmini. 2011. Model penataan Pedagang Kaki Lima di Surakarta Sebagai Solusi Konstruktif Untuk Pemberdayaan Tingkat Pendidikan Anak-anak PKL, EDUKASI, Jurnal Ilmu pendidikan Vol. 10. No. 2. Hal.1-8

---------------------------------- 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Ekonomi Berbasis Lingkungan Dengan pendekatan pembelajaran Inovatif di SMA Muhammadiyah di Surakarta, Laporan penelitian Pentaspena, Juni 2013

------------------------------------- 2013. Model Pendidikan Anak-Anak Miskin di Kota Surakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 8. No. 2, Juli 2012 Hal. 98-111.

Sutama. 2010. ”Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D). Surakarta: Fairuz Media.

Vincent. 2012. International Journal For Lesson And Learning Studies Using Learning Study To Improve The Teaching And Learning of Accounting in a School In Brunei Darusalam Vol 1. No.1 2012. P. 23-40

Wafroturrohmah dan Suyatmini, 2008. Penggunaan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Pada Mata Kuliah akuntansi Perpajakan, Jurnal Varia Pendidikan Vol. 20.No. 2 Desember 2008 Hal. 154-163.

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.