Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif

Mu'jizatin Fadiana(1*)

(1) Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua variabel yaitu kemampuan menyelesaikan soal cerita pokok bahasan volume kubus-balok antara siswa yang bergaya kognitif Reflektif dan siswa yang bergaya kognitif Impulsif kelas V sekolah dasar. Sampel pada penelitian ini adalah 19 siswa kelas V MI Nurul Huda Ketambul Palang Tuban. Instrumen yang digunakan adalah tes MFF (Matching Familiar Figures) dan tes kemampuan menyelesaikan soal cerita. Statistik uji yang digunakan adalah Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita antara siswa bergaya kognitif reflektif dan siswa bergaya kognitif impulsif kelas V sekolah dasar.

Keywords

gaya kognitif impulsif, gaya kognitif reflektif, kemampuan menyelesaikan soal cerita

Full Text:

PDF

References

Hudojo, H. (2001). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kagan, J. (Ed). (1965). Impulsif dan Reflektif children: significance of conceptual tempo. Chicago: Rand McNally and Company.

Kagan, J.,& Kogan, N. (1970).Individual Variation in Cognitive Process. Dalam Mussan, P. (Edt.) Carmichael’s Manual of Child Psychology (3rd ed. Vol. 1) Wiley New York.

Kenny, Robert F. (2007).Digital Narrative as a Change Agent to Teach Reading to Media-Centric Student. International Journal of Social Sciences, 2(3).

Rahmatina, S. (2014). Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Rozencwajg, Paulette & Corroyer, Denis. (2005) Cognitive Processes in the Reflective-Impulsive Cognitive Style. The Journal of Genetic Psychology, 2005, 166(4), 451 – 463.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Jakarta: Direktorat JendralPendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Solso, Robert L. (1995) Cognitive Psychology. Third Edition, Boston: Allyn & Bacon

Warli. (2010). “Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dalam Memecahkan Masalah Matematika”. Disertasi. PPs UNESA Surabaya.

Witkin, H.A., Moore, C.A., Gooddenough, D.R.,& Cox, P.W. (1977) Field Dependent and Field Independent Cognitive Style and Their Educational Implication. Review of Educational Research.

Article Metrics

Abstract view(s): 897 time(s)
PDF: 945 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.