Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN

 

  1. A.      PEDOMAN UMUM
  1. Naskah merupakan hasil penelitian di bidang ilmu komunikasi
  2. Naskah harus asli dan belum pernah diterbitkan di jurnal ataupun media penerbitan yang lain.
  3. Panjang naskah antara 4000 hingga 7000 kata (termasuk judul, abstrak, kata kunci, daftar pustaka, gambar dan tabel)
  4. Naskah ditulis dalam format file Microsoft Word (.doc) atau Rich Text Format (.rtf) dengan ketentuan :
    1. Ukuran kertas A4 (210x297 mm)
    2. Jenis huruf Times New Roman, 12 pts
    3. Spasi 1,5
    4. Batas margin : kiri dan atas 3 cm, kanan dan bawah 2 cm.
  5. Pengiriman naskah hanya dapat dilakukan melalui laman resmi Jurnal Komuniti (www.journal.ums.ac.id/index.php/komuniti/index)
  6. Sebelum mengirimkan naskah, penulis diharuskan membaca dengan seksama pedoman umum yang telah ditentukan oleh Jurnal Komuniti.

 

  1. B.      STRUKTUR NASKAH
    1. Judul. Judul ditulis dengan kalimat yang singkat, akurat dan informatif, terdiri dari 10 hingga 18 kata (termasuk sub judul).
    2. Nama penulis dan lembaga. Nama penulis harus ditulis dengan nama lengkap tanpa gelar akademik, dan mencamtumkan alamat afiiliasi penulis. Jika ada lebih dari satu penulis, maka penulis harus memilih salah satu sebagai penulis korespondensi. Penulis ini yang akan bertanggung jawab atas semua korespondensi dan perbaikan naskah. Penulis ini juga bertanggung jawab dalam memastikan detail dari semua kontak penulis.

 

Penulis Tunggal

Dian Purworini

Program Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Jl. A. Yani Tromol Pos 1, Pabelan, Surakarta 57162

Email: dianpurwo@ums.ac.id

 

Penulis Lebih Dari Satu

Fajar Junaedi1, Heru Nugroho2, Sugeng Bayu Wahyono3

1Program Studi Ilmu Komunikasi UMY

Jl. Brawijaya, Geblagan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Yogyakarta 5518

2,3Program Doktor Kajian Budaya dan Media UGM

Jl. Teknika Utara, Pogung, Mlati, Sleman, Yogyakarta, 55281

Email: 1fajarjun@gmail.com

 

  1. 3.       Abstrak and Kata Kunci. Abstrak merupakan gambaran umum dari penelitian. Abstrak harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang terdiri dari 150 hingga 250 huruf dan diikuti oleh 3 hingga 5 kata kunci. Abstraksi memuat beberapa hal, seperti “selling pitch”, fokus penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian.
  2. 4.       Pendahuluan. Pada bagian ini harus memuat alasan anda memilih topik penelitian, mengapa penelitian itu penting dilakukan, mengapa anda mengadopsi metode atau pendekatan tertentu, dan sebagainya. Pendahuluan juga harus dapat mengungkapkan dengan jelas adanya kesenjangan yang terjadi pada situasi yang mengharuskan dilakukannya sebuah penelitian. Penjelasan tersebut harus diakhiri dengan pertanyaan penelitian dan tujuan penelitian.  
  3. 5.       Tinjauan Pustaka. Pada bagian ini memuat berbagai uraian tentang literatur pustaka yang relevan dengan bidang atau topik penelitian. Pustaka tersebut bisa berasal dari : buku, artikel, jurnal dan tesis. Bagian ini harus mampu menunjukkan kata kunci, konsep dan pengembangan lainnya yang berkaitan dengan masalah penelitian dan pertanyaan penelitian.
  4. 6.       Metode. Pada bagian ini harus memuat metode dan prosedur penelitian yang dilakukan penulis. Terdiri dari: jenis penelitian, sumber data dan teknik analisis penelitian.
  5. 7.       Temuan. Pada bagian ini harus memuat data atau informasi yang berkaitan dengan tujuan penelitian. Jika diperlukan, penulis juga bisa menambahkan tabel dan gambar. Judul nomor tabel harus ditempatkan di bagian atas-tengah; judul angka dan angka harus berada di bawah-tengah

Table 1. Lorem Ipsum Dolor Sit Amet

No

Lorem

Lorem

Lorem

1.

Ipsum

Ipsum

Ipsum

2.

Ipsum

Ipsum

Ipsum

3.

Ipsum

Ipsum

Ipsum

Sumber: (jika ada)

 

 

 

 

 

 

 

 

Figure 1. Lorem Ipsum Dolor Sit Amet

Sumber: (jika ada)

 

  1. 8.       Bahasan. Pada bagian ini berisi tentang temuan penelitian dan perbandingannya dengan teori serta penelitian terkait sebelumnya.
  2. 9.       Kesimpulan. Paba bagian ini harus bisa memberikan jawaban dari pertanyaan penelitian dan memuat saran terhadap penelitian sejenis di masa mendatang.

Referensi. Sumber referensi harus terdiri dari jurnal terbaru yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir sebanyak 60 persen (60 %). Penulis referensi harus menggunakan akun Mendeley daring dan APA 6th.

 

UNDUH PANDUAN PENULISAN VERSI PDF DISINI

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Komuniti adalah pemegang penuh hak cipta dari tiap artikel yang telah diterbitkan. Pembaca dapat mengunduh dan mengadopsi isi artikel sepanjang mereka melakukan sitasi terhadap artikel dengan menyebutkan judul artikel.

Creative Commons License
Jurnal ini dibawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat-email yang didaftarkan di laman web ini hanya akan digunakan untuk kepentingan penerbitan jurnal saja dan tidak akan dipergunakan untuk kepentingan selain hal yang sudah disebutkan, atau diserahkan kepada pihak lain.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)

Fast-Track Review: 0.00 (IDR)

Article Publication: 0.00 (IDR)