ANALISIS ISI PELANGGARAN ETIKA PARIWARA INDONESIA DALAM IKLAN BARIS DAN IKLAN KOLOM DI SURAT KABAR HARIAN LOMBOK POST PERIODE JUNI – JULI 2019

Khairil Azwar, Fajar Junaedi

DOI: https://doi.org/10.23917/komuniti.v12i2.10552

Abstract

Dalam usaha memenuhi kebutuhan manusia yang banyak dan komplek, para pelaku usaha menciptakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh manusia saat ini. Iklan merupakan alat untuk menarik perhatian konsumen. Sayangnya, banyak pelaku usaha dalam memasarkan dan mengiklankan produk dan jasa tidak mengikuti Etika Pariwara Indonesia (EPI), termasuk pada Surat Kabar Harian Lombok Post. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan banyaknya pelanggaran EPI pada iklan baris dan iklan kolom di Surat Kabar Harian (SKH) Lombok Post periode Juni - Juli 2019. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dengan menggunakan Formula Holsty. Hasil penelitian ini menunjukkan pelanggaran EPI yang ditemukan pada SKH Lombok Post periode Juni - Juli 2019 sebanyak 41% dari keseluruhan sampel sebanyak 73 iklan dan frekuensi pelanggaran sebanyak 30 iklan. Hal ini menunjukan masih tingginya pelanggaran iklan di Lombok Post. Dengan demikian EPI masih belum ditaati SKH Lombok Post.

References

Buku

Bertens, K. 2013. Etika: Edisi Revisi. Yogyakarta: PT Kanisius.

Eriyanto. 2011. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Haryatmoko. 2007. Etika Komunikasi: Manipulasi Media, Kekerasan, dan Pornografi. Yogyakarta: PT Kanisius.

Junaedi, Fajar. 2014. Manajemen Media Massa: Teori, Aplikasi, dan Riset. Yogyakarta: Buku Litera.

Junaedi, fajar. 2019. Etika Komunikasi di Era Siber: Teori dan Praktik. Depok: Rajawali Pers.

Muktaf, Zein Muffarih. 2015. Periklanan: Sebuah Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Buku Litera.

Mulyawan, I Wayan. 2010. Hipersemiotika Periklanan: Analisis Praktis. Bali: Udayana University Press.

Myers, Kathy. 2012. Membongkar Sensasi dan Godaan Iklan. Yogyakarta: Jalasutra.

Shandi, I Dewa Made Hari. 2005. Etika Komunikasi Penjualan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Jurnal

Ali, Moondore Madalina. (2014). Analisis Isi Iklan Televisi di Indonesia. HUMANIORA. Vol. 5 (2), Hal 766-776.

Hidayat, Dadang Rahmat dan Abdullah, Aceng. (2014) Fenomena Iklan Baris Kesehatan di Surat Kabar Lokal. Jurnal Kajian Komunikasi Universitas Padjadjaran. Vol. 2 (2), Hal 138-147.

Lain-lain

Dewan Periklanan Indonesi (DPI). (2014). Etika Pariwara Indonesia. Jakarta: Dewan Periklanan Indonesia.

Article Metrics

Abstract view(s): 150 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 117 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.