AKTIVITAS MEDIA RELATIONSHUMAS KEPOLISIAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA BAGIAN HUMAS DI POLRESTA SURAKARTA DALAM MENJALANKAN MEDIA RELATIONS)

Kartika Sari

DOI: https://doi.org/10.23917/komuniti.v7i2.2464

Abstract

Humas Polresta Surakarta menjalankan fungsi hubungan masyarakat dalam membentuk citra positif, dan menekan pemberitaan negatif yang beredar di masyarakat, guna meningkatkan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana Aktivitas Humas di Polresta Surakarta dalam menjalankan Media Relations. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan narasumber Kepala Sub Bagian Humas dan Kepala Urusan Humas Polresta Surakarta, juga mewawancarai wartawan dari media massa lokal. Observasi di lapangan juga penulis lakukan guna mengamati kegiatan-kegiatan media relations yang dilakukan. Penulis juga menggunakan studi pustaka untuk mendeskripsikan penelitian ini supaya lebih jelas. Dari hasil penelitian, Humas melakukan aktivitas media relations dengan beberapa strategi. Pertama, dengan mengelola relasi yang bertujuan menjalin hubungan baik dengan institusi media massa terutama dengan para wartawan. Kedua, mengembangkan strategi yang dilakukan melalui pengembangan kemampuan personal anggota di bidang kehumasan dan media. Kemudian yang ketiga adalah dengan mengembangkan jaringan yaitu berhubungan baik dengan Persatuan Wartawan Indonesia, dengan pihak-pihak swasta juga dengan klub motor di Surakarta.

Full Text:

PDF

References

Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public Relations, Pengantar Komprehensif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Assegaf, Dja’far. 1987. Hubungan Masyarakat dalam Praktek. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Greener, Tony. 2002. Public Relations, dan Pembentukan Citranya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Iriantara, Yosal. 2007. Community Relations, Konsep dan Aplikasinya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Iriantara, Yosal. 2008. Media Relations, Konsep Pendekatan dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Jefkins, Frank. 1995. Public Relations. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Onong, Uchjana Effendy. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rumanti, Maria Assumpta. 2005. Dasar-Dasar Public Relations, Teori dan Praktik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

http://polresta-surakarta.com/, diakses pada tanggal 10 Juni 2013 pukul 08.00 WIB

Article Metrics

Abstract view(s): 256 time(s)
PDF: 674 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.