MANAJEMEN KOMUNIKASI EKSTERNAL (MANAJEMEN KOMUNIKASI PT. SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK DALAM PROSES PEMBANGUNAN PABRIK SEMEN DI DESA TEGALDOWO KECAMATAN GUNEM KABUPATEN REMBANG)

Novita Setyo Utomo

DOI: https://doi.org/10.23917/komuniti.v7i2.2465

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif yang memaparkan mengenai manajemen  omunikasi eksternal PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk dalam proses pembangunan pabrik. Teknik pengumpulan data ini menggunakan wawancara terstruktur dan observasi nonpartisipan. Sumber data menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen komunikasi eksternal PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk meliputi perencanaan (berupa mapping sosial, pertemuan dengan para kepala desa dan dengar pendapat para ahli), pengorganisasian (meliputi menjalin hubungan dengan pemerintah pusat, provinsi, kota dan desa), pengarahan (meliputi sosialisasi mengenai multiplyer effectpabrik, mengadakan kunjungan ke pabrik semen di Tuban, dan program CSR), dan pengawasan (meliputi berdirinya kantor perwakilan yang berada di Kabupaten Rembang).

Full Text:

PDF

References

Moleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya

Yudarwati, Arum G. Community Relations: Bentuk Tanggung Jawab Sosial Oraganisasi. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2, Desember: 143-156.

Soebandono. 2009. Modul 14 Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Pengertian dan Fungsi manajemen. SMK Negeri 2 Kota Probolinggo.

Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Article Metrics

Abstract view(s): 765 time(s)
PDF: 418 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.