Penguatan Pelayanan Pemerintah Kabupaten; Studi Efektivitas Program SMS Center pada 3 Tahun Terkhir di Kabupaten Ponorogo

Abdullah .(1*)

(1) Universitas Darussalam Gontor
(*) Corresponding Author

Abstract

Ponorogo merupakan salah satu kabupaten yang mmenjadikan rata-rata masyaraktnya agrarian, dimana mesyarakat tersebut bergelut dengan ladang garapan sepanjang hari. Sehingga keaktifan mereka dalam media cetak dan elektronik sangat kurang dan menjadikan mereka kurang mengetahui informasi-informasi yang telah dicanangkan oleh pemerintah kabupaten. Menjawab keadaan semacam ini, maka pemerintah Kabupaten Ponorogo membuat Sistem Informasi Menejemen (SIM) untuk menginformasikan kepada masyarakat akan paket kebijakan pemerintah kabupaten dan juga untuk menampung kepentingan publik yang diajukan masyarakat pada pemerintah.

Penelitian ini dititik beratkan untuk mengukur seberapa efektif keikutsertaan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi mereka akan kebijakan publik melalui SMS center selama 3 tahun terakhir. Dan hasilnya, mereka menyambut baik program ini untuk membangun Kabupaten Ponorogo bersama Pemerintah. Metode yang digunakan yakni metode kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.

Full Text:

PDF

References

Rumangan, Bredly Fernando. 2009, Analisa Pelaksanaan Pelayanan Umum Di Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan (Srudi Tentang Pelayanan KTP, KK dan Keterangan Kelahiran), Universitas Ratulangi, Manado

Batinggi. 2005. Materi Pokok Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Tangkilisan, S., dan Hessel, Nogi. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Michael Rush Dan Philip Althoff. 2002. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Rajawali Press.

Romli Asef Syamsul. M. 2014. Komunikasi Politik. Jakarta.

Sugiyono, 2012, Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA

Sekertariat Daerah kabupaten Ponorogo, 2016, Standar Pelayanan Publik Bagian Humas dan Protokol Sekertariat Daerah Kabupaten Ponorogo. Ponorogo

Peraturan :

Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor : 8 tahun 2011 Tentang Pelayanan Publik di Provinsi Jawa Timur

Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Nomor : 9 tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekertariat Daerah dan Sekertariat DPRD Kabupaten Ponorogo

Peraturan Bupati Ponorogo Nomor : 19 Tahun 2008 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ponorogo

Keputusan Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekertareat Daerah Kabupaten Ponorogo Nomor : 065/45/405.03.3/2011 Tentang Standar Pelayanan Publik Tahun 2011

Article Metrics

Abstract view(s): 456 time(s)
PDF: 568 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.