Pengelolaan Media Sosial Oleh Unit Corporate Communication PT GMF Aeroasia
Fajar Syuderajat(1*)(1) Universitas Padjadjaran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Prodi Hubungan Masyarakat
(*) Corresponding Author
Abstract
Studi ini berjudul: Pengelolaan Media Sosial oleh Unit Corporate Communication PT GMF AeroAsia. Seiring dengan meningkatknya jumlah pengguna social media telah melahirkan media baru bagi bidang komunikasi khususnya dunia public relations. Kesempatan ini kemudian dimanfaatkan oleh PT GMF AeroAsia untuk memanfaatkan media sosial yang dijadikan sebagai media komunikasi dengan memberikan informasi seputar dunia aviasi dan bidang MRO (maintenance, repair, organization) PT GMF AeroAsia.
Tujuan studi ini, untuk mengetahui pengelolaan media sosial yang digunakan PT GMF AeroAsia sebagai strategi komunikasi brand awareness dengan konsep teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah New Media Theory yang berhubungan dengan media sosial. Metode pendekatan penulisan kualitatif dan bersifat deskriptif.
Hasil dari studi ini mengatakan bahwa pengelolaan media sosial PT GMF AeroAsia oleh Corporate Communication memilih facebook, instagram, youtube, dan linkedin. Penanganan langsung dilakukan oleh tim digital aktivasi dengan konten-konten yang terlebih dahulu disetujui oleh kepala divisi Corporate Communication.
Kesimpulan, PT GMF AeroAsia menggunakan facebook, instagram, youtube, dan linkedin sesuai dengan segmentasi perusahaan yang lebih menekankan B-to-B. Meskipun banyak sekali follower pada media sosial tersebut namun untuk respon atau feedback kurang mendapatkan perhatian, sehingga terkesan lambat dalam menanggapi.
Kata kunci: corporate communication; media sosial; PT GMF AeroAsia.
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, Elvinaro. 2013. Handbook of Public Relations Pengantar Komperhensif. Simbiosa Rekatama Media. Bandung.
Burgon & Huffner. 2002. Human Communication. London: Sage Publication.
Cresswell, J. W. 2010. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. California: Sage Publications.
Cutlip, Scott M. Center, Allen H. dan Broom, Glen M. 2006. Effective Public Relations. Penerjemah Tri wibowo. Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Daymon, Christine., & Immy Holloway. 2008. Metode-metode Riset Kualitatif: dalam Public Relations dan Marketing Communications. Yogyakarta: Penerbit Bentang.
Effendy, Onong Uchajana. 2000. Human Relations dan Public Reletions. Bandung: CV. Mandar Maju.
Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Jefkins, Frank. 2003. Public Relations, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Rakhmat, Jalaluddin. 2002. Metode penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. 2005. Dasar-dasar Public Relations. Bandung : Remaja Rosadakarya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Van Dijk, J.A.G.M. 2006. The Network Society. SAGE Publications, London.
Zarrella, Dan, 2010. The Social Media Marketing Book. PT. Serambi Ilmu Semesta: Jakarta.
Jurnal:
Harmoni, Ati. 2010. Media Richness Theory dan Potensi Website sebagai Media Komunikasi CSR oleh Perusahaan. Depok: Universitas Gunadarma.
Catur, Kuspuji. 2013. Mengukur Efektivitas Sosial Media Bagi Perusahaan. Jakarta: Binus University.
Online:
Situs resmi PT GMF AeroAsia. (2016). http://www.gmf-aeroasia.com
Article Metrics
Abstract view(s): 4080 time(s)PDF: 13595 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.