OMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (IMC) SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DI KARANGANYAR

Edi Riyanto, Agus Triyono

Abstract

Penelitian ini tentang strategi komunikasi pemasaran terpadu sekolah dasar islam terpadu di Karaganyar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan oleh Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT). Integrated Marketing Communication (IMC) dapat diterapkan dengan baik di sekolah swasta, maupun sekolah negeri, termasuk SDIT Insan Kamil, SDIT Muhammadiyah Jumapolo dan SDIT MTA. Media promosi yang digunakan sekolah dalam iklan tersebut berupa: televisi, radio, spanduk, banner, buletin, brosur, dan pemasaran online. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan objek penelitian penelitian adalah SDIT Insan Kamil, SDIT Muhammadiyah Jumapolo dan SDIT MTA di Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur secara mendalam untuk mendapatkan informasi lengkap sesuai dengan yang dibutuhkan oleh peneliti. Sekolah Dasar Islam Terpadu dapat melakukan Integrated Marketing Communication (IMC) walaupun dalam program promosi tersebut belum maksimal, namun program tersebut telah memberikan dampak positif, dilihat dari jumlah peserta didik yang meningkat. 

Full Text:

PDF

References

Achmad Dwi Afriyan. (n.d.). Hadapi MEA, Pemerintah Tak Akan Istimewakan Orang RI - Bisnis Liputan6.com. Retrieved January 19, 2017, from http://bisnis.liputan6.com/read/2403655/hadapi-mea-pemerintah-tak-akan-istimewakan-orang-ri

Afifuddin, & Saebani, B. A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Kedu). Bandung: CV. Pustaka Setia.

Bilal, M., Saeed, R., Naeem, B., & Naz, U. (2013). Integrated Marketing Communication : A Review Paper. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 5 (5)(September), 124–133.

Cangara, H. (2013). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Creswell, J. W. (2013). Research Design (Edisi Keti). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Danim, S. (2002). Menjadi peneliti Kualitatif (Edisi Pert). Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. (A. Maulana, Ed.). Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Jumali, M., Surtikanti, Aly, S. T., & Sundari. (2004). Landasan Pendidikan. (E. Supriyanto, R. Rubiyanto, & D. Santoso, Eds.) (Edisi Kedu). Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Lumbung Data Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. (n.d.-a). Retrieved January 19, 2017, from http://dapodik.pdkjateng.go.id/pesdik/5-9-7?wilayah=031300

Lumbung Data Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. (n.d.-b). Retrieved January 19, 2017, from http://dapodik.pdkjateng.go.id/npsn_dikdas

Mihart, C. (2012). Impact of Integrated Marketing Communication on Consumer Behaviour: Effects on Consumer Decision – Making Process. International Journal of Marketing Studies, 4(2), 121–129. https://doi.org/10.5539/ijms.v4n2p121

Oik Yusuf. (2016). Hampir Semua Pengguna Internet Indonesia Memakai Facebook. Retrieved January 29, 2017, from http://tekno.kompas.com/read/2016/04/15/10210007/Hampir.Semua.Pengguna.Internet.Indonesia.Memakai.Facebook

Owen, R., & Humphrey, P. (2009). The structure of online marketing communication channels. Structure, 2(Imc), 1–10.

Pemerintah Kabupaten Karanganyar Berikan Pendidikan Gratis | KARANGANYAR. (n.d.). Retrieved January 19, 2017, from http://www.karanganyarkab.go.id/20140213/pemerintah-kabupaten-karanganyar-berikan-pendidikan-gratis/

Porcu, L., Kitchen, P. J., & Barrio-Garcia, S. D. (2012). How Integrated Marketing Communications ( IMC ) works ? A theoretical review and an analysis of its main drivers and effects. Comunicación Y Sociedad, XXV(1), 313–348. https://doi.org/10.1080/13527266.2014.970821

Purwaningsih, E. S., & Purworini, D. (2016). PERAN IMC DALAM PEMILIHAN MOMMILK MANAHAN SOLO SEBAGAI, VIII(2), 144–158.

Rehman, S. U., & Ibrahim, M. S. (2011). Integrated Marketing Communication and Promotion. International Refereed Research Journal, II(4), 187–191.

Sardjoko, S. (2016). Prioritas Nasional: Pembangunan Pendidikan.

Schüller, D., & Rašticová, M. (2011). Marketing Communications Mix of Universities -Communication With Students in an Increasing Competitive University Environment. Journal of Competitiveness, (3), 58–71.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. (N. Mahanani, Ed.) (Ke Lima). Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. (M. Masykur, Ed.) (edisi 8).

Suss, G. (2013). The Next Revolution Will Be In Education : Journal of International Education Research, 9(1), 47–55.

Tsikirayi, C. M. R., Muchenje, B., & Katsidzira, Z. (2013). Impact of integrated marketing communications mix (IMCM) in small to medium enterprises (SMEs) in Zimbabwe as a marketing tool. Research in Business and Economics Journal, 7(Imcm), 1–12. Retrieved from http://search.proquest.com/docview/1460230826?accountid=14495%5Cnhttp://diana.uca.es:4550/resserv?genre=article&issn=&title=Research+in+Business+and+Economics+Journal&volume=7&issue=&date=2013-02-01&atitle=Impact+of+integrated+marketing+communications+mix

Usman, H., & Akbar, P. S. (2008). Metodologi Penelitian Sosial. (Rini Rachmatika, Ed.) (Edisi Kedu). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.