Geliat Suara Perempuan Muslim di Facebook

Dian Syariati(1*)

(1) Sebelas Maret University
(*) Corresponding Author

Abstract

Pertemuan antara new media, budaya pop, dan perempuan muslim telah membawa banyak implikasi. Salah satunya mudah kita dapati perempuan muslim kini yang senang mengekspresikan diri di media sosial. Pihak perempuan yang dahulunya sering menjadi pihak yang terbungkam atau termarjinalkan kini sudah mendapatkan angin segar. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana penggunaan media sosial oleh perempuan muslim. Apakah dengan kebebasan di media sosial mampu membuat mereka berani berkomentar mengenai suatu isu/pihak lain? Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis wacana Theo van Leeuwen guna memeriksa sisi tekstual pada status online perempuan muslim. Sementara pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Dari pengamatan penelitian didapat kesimpulan bahwa mayoritas perempuan muslim yang menjadi informan mengomentari isu tertentu dengan menggunakan strategi inklusi. Meskipun beberapa terlihat cukup berhati-hati dalam pemilihan diksinya dengan memperhatikan kepantasan dalam penyampaian pesannya.

Full Text:

PDF

References

________.(2016). Perbaiki Penyerapan Perempuan di Dunia Kerja. Kompas. Hal 11.

Arimbi, Diah Ariani. (2009). Reading Contemporary Indonesian Muslim Women Writers: Representation, Identity, and Religion of Muslim Women in Indonesian Fiction. Amsterdam: Amsterdam University Press.

Berger, Charles R, Michael E. Roloff, & David R. (2014). Handbook Ilmu Komunikasi. Bandung: Nusa Media.

Eickelman, Dale & John W. Anderson. (2003). New Media in the Muslim World. Bloomington: Indiana University Press.

Eriyanto. (2012). Analisis Wacana; Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Given, Lisa M. (2008). The Sage Encyclopedia of Qualitative Research Methods Vol 2. Los Angeles: Sage Pub.

Griffin, E. (2012). A First Look at Communication Theory. New York: McGraw-Hill.

Holmes, David, (2012). Teori Komunikasi; Media, Teknologi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, Farid L. (2009). Perempuan dan Jilbab. Jakarta: MAPAN.

Izharuddin, Alicia. (2015). The Muslim Woman in Indonesian Cinema and the Face Veil as “Other”, Indonesia and the Malay World. 43(127) : 397-412.

Kramarae, Cheris. (2005). Muted Group Theory and Communication: Asking Dangerous Question. Women and Language. 28 (2) :55-61.

Luthfi, Ahmad. (2014). Indonesia Pengguna Facebook Keempat Terbesar Dunia (online), (http://techno.okezone.com/read/2014/09/22/55/1042737/indonesia-pengguna-facebook-keempat-terbesar-di-dunia, diakses Selasa, 24 Maret 2015).

Maarif, Ahmad Syafii. (2015). Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan; Sebuah Refleksi Sejarah. Bandung: Mizan.

Article Metrics

Abstract view(s): 400 time(s)
PDF: 319 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.