MODEL PENDIDIKAN PAULO FREIRE, REFLEKSI PENDIDIKAN IPA SD DI INDONESIA (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar)

Anatri Desstya, Istiani Indah Novitasari, Aldi Farhan Razak, Kukuh Sandy Sudrajat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: proses pendidikan IPA di SD yang sesuai dengan harapan pada saat ini, model pendidikan Paulo Freire, tujuan dari pendidikan Paulo Freire, serta relevansinya dengan pendidikan IPA di SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan). Sumber data utama diperoleh dari buku, jurnal dan  tulisan  lain yang berkaitan pendidikan IPA di SD dan model pendidikan pembebasan dari Paulo Freire. Teknik pengumpulan data dengan mengidentifikasi informasi dari buku-buku, laporan penelitian terdahulu, jurnal, artikel, web, ataupun informasi lainnya. Penelitian ini menggunakan cara analisis deskriptif. Analisis data  mencakup  penguraian  masalah  sesuai  objek  kajian kemudian dideskripsikan dan dianalisis untuk memperoleh kesimpulan, yaitu 1) pendidikan IPA di SD diarahkan melalui pengalaman langsung, dilakukan secara inkuiri ilmiah dengan mengembangkan keterampilan proses dan sikap ilmiah, 2) Model pendidikan menurut Paulo Freire menyatakan tentang pendidikan dialektis, pendidikan yang membebaskan dan tidak membelenggu, dan c) pendidikan  yang humanisme, yaitu pendidikan yang memanusiakan manusia. Relevansi Pendidikan IPA SD di Indonesia dengan pendidikan Paulo Freire adalah IPA yang dibelajarkan secara inkuiri ilmiah mempunyai aspek pesan yang saling berkesinambungan dengan pemikiran dari Paulo Freire tentang pendidikan yang dialektis, pendidikan yang membebaskan dan bukan membelenggu, serta pendidikan yang humanistis.  

 

 

Keywords

Pendidikan IPA SD, pendidikan Paulo Freire.

Full Text:

PDF

References

Binti Muakhirin. 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 01/Tahun XVIII/Mei 2014

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Jakarta: Kemendiknas.

Ira Shor & Paulo Freire. 2001. Menjadi Guru Merdeka. Yogyakarta: LkiS.

Kemdikbud. 2013. Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemdikbud.

Muh. Yamin. 2010. Menggugat Pendidikan Indonesia: Belajar dari Paulo Freire dan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan. Volume 3. Nomor 2.

Nana Djumhana & Muslim. 2007. Pendidikan IPA. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional.

Masykur H Mansyur. 2014. Pendidikan Ala “Paulo Freire” Sebuah Renungan Jurnal Ilmiah Solusi Vol. 1 No.1 Januari – Maret 2014: 64-76.

Paulo Freire. 2009. Politik Pendidikan. Kebudayaan Kekuasaan dan Pembebasan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siswanto. 2007. Pendidikan Sebagai Paradigma Pembebasan (Telaah Filsafat Pendidikan Paulo Freire). Jurnal Tadris. Volume 2. Nomor 2.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta.

Sumiyati. 2013. Implementasi Kurikulum Menuju Indonesia Maju. Prosiding SNPS 2013. ISSN 2354-7022.

Syaiful Sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Usman Samatowa. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.