PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (STUDI KASUS DI SDN 3 TARUBASAN KLATEN)

Suryanti Galuh Pravitasari, Muhammad Lutfi Yulianto

DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3825

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah penggunaan multimedia interaktif memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap keberhasilan proses pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 3 Tarubasan, Klaten. Penelitian ini termasuk ke dalam kelompok Penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksankan dalam lima kali pertemuan sesuai dengan jumlah materi yang harus diselesaikan pada semester genap 2015/2016. Sebelum penggunaan multimedia interaktif diberlakukan, subyek penelitian diberi sebuah pre-test untuk mengetahui bekal awal sebelum perlakuan. Nilai rata-rata dari pre-test adalah 68,7 dengan hanya 3 subyek penelitian yang sudah memenuhi batas minimal KKM yang sebesar 69. Pada akhir Siklus I diperoleh nilai rata-rata 70,7 dengan jumlah subyek yang memiliki nilai di atas  KKM sebesar 61.5% dari total subyek yang diteliti. Pada Siklus II nilai rata-rata meningkat ke angka 82,6 sehingga terjadi peningkatan sebesar 11,9 point dari Siklus I ke Siklus II dan sebesar 13,9 poin. Seluruh subyek penelitian di akhir pelaksanaan Siklus II mendapat nilai yang sudah melampaui batas KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktf terbukti memberikan pengaruh yang positif terhadap keberhasilan proses pembelajaran.

 


Keywords

multimedia, interaktif, pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Aqib, Zainal (2007). Penelitian Tindakan Kelas: untuk Guru. Yrama Widya, Bandung.

Effendi, Sofian. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.

http://www.Repository.uinjkt.ac.id

Marisa dkk, 2011. Komputer Dan Media Pembelajaran. Universitas Terbuka

Meitiya Khusna, Sumarsih (2016). Pemanfaatan Media CD Interaktif untuk Meningkatkan Moitivasi dan prestasi Belajar Akuntansi. iJurnal kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 5 No.7

Munadi, Yudhi (2008). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan. Gaung Persada, Ciputat, Bandung

Nurbuko, Cholid dan Abu Achmadi (2001). Metodologi PEnelitian. (6thed.). Bumi Aksara, Jakarta

Nurjanah. “Aplikasi Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Untuk Usia 6 – 8 Tahun”. 2011.

Rosalia Hera Rahayuningrum. Penggunaan Media Pembelajaran CD interaktif Berbantuan Komputer untuk meningkatkan motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa kelas VIIF di SMPN 2 Imogiri. ISBN : 978-979-17763-3-2

Sudarsono (2012). Penggunaan Multimedia Interaktif untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Lingkungan Fisik pada Siswa Kelas IV SDN Jimbung, Klaten. Skripsi, digilib.uns.ac.id, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.