DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SD

Satrianawati Jogja jogja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak penggunaan handphone terhadap aktivitas belajar siswa di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, orang tua, dan siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang menggunakan handphone cenderung malas belajar dan menyukai cara-cara yang instan dalam menyelesaikan masalah. Anak dengan tingkat interaksi dengan handphone lebih dari tiga jam perhari cenderung malas dan tidak memperhatikan pelajaran

Keywords

Penggunaan Handphone & Aktivitas Belajar

Full Text:

PDF

References

Baharudin & Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Gredler, M.E. 2013. Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi (Edisi keenam). (Terjemahan Tri Wiowo). Jakarta: Kencana. (Buku asli diterbitkan tahun 2011)

Meliala, Andyda. 2004. Temukan dan Kembangkan Keajaiban Anak Anda Melalui Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Andi.

Denzin, N.K & Lincoln, Y.S. (2009). Hanbook of Qualitative Research. (Terjemahan Dariyatno, Badrus Samsul Fata, Abi, & John Rinaldi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Buku asli diterbitkan tahun 1997)

Santrock, John.W. 2012. Psikologi Pendidikan. Edisi 3 buku 1. (Terjemahan Diana Angelica). Jakarta Selatan: Salemba Humanika. (Buku asli diterbitkan tahun 2008)

Schunk, D.H. 2012. Learning Theories an Educational Perspective. (Terjemahan Eva Hamdiah & Rahmat Fajar). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education. (Buku asli diterbitkan tahun 2008)

Slavin. 2011. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jilid I. (Terjemahan Marianto Samosir). Jakarta: PT Indeks. (Buku asli diterbitkan tahun 2009)

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.