KEEFEKTIFAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN METODE DRIL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN PETERONGAN SEMARANG

Widodo Hadi Pratomo

DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3953

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah: (1) guru belum pernah menerapkan pendekatan realistic mathematics education dengan metode drill dalam pembelajaran matematika; (2) dalam kegiatan pembelajaran menunjukkan proses penyampaian materi secara umum atau model pembelajaran yang kurang bervariasi; (3) kurang maksimalnya hasil belajar matematika siswa.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah pendekatan realistic mathematics education dengan metode drill efektif terhadap hasil belajar  matematika siswa kelas III SDN Peterongan Semarang Tahun Pelajaran 2016/ 2017? Berdasarkan masalah tersebut diajukan hipotesis sebagai berikut: pendekatan realistic mathematics education dengan metode drill efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Peterongan Semarang tahun pelajaran 2016/ 2017. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan realistic mathematics education dengan metode drill  terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD N Peterongan Semarang Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian  ini adalah siswa-siswi kelas III SD Negeri Peterongan Semarang. Adapun sampel kelas III A sebagai kelompok kontrol 32 siswa dan kelas III B sebagai kelompok eksperimen 32 siswa. Desain  penelitian eksperimen menggunakan  true experimental design, Bentuk yang dipilih yaitu posttest only control group desaign.  Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes bentuk pilihan ganda. Hasil analisis uji t satu pihak (pihak kanan) didapat thitung > ttabel yaitu 5,461>1,670 maka Ho ditolak. Jadi, pendekatan realistic mathematics education dengan metode drill memilki perbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Perolehan ketuntasan belajar perorangan dalam kelompok eksperimen yaitu 100% dan nilai rata-rata 84,218. Sementara kelompok kontrol dengan persentase 87,5 % dan nilai rata-rata 73,718. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan realistic mathematics education dengan metode drill efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Peterongan Semarang.

Kata Kunci: realistic mathematics education, metode drill, hasil belajar, matematika

Full Text:

PDF

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.