PENGEMBANGAN GAME BUBBLE MATCH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEMBAGIAN DALAM BENTUK PENGURANGAN BERULANG UNTUK SISWA KELAS 2 SD

Meinita Yesi Anugrahini

DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3975

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game bubble match sebagai media pembelajaran matematika. Penelitin ini memfokuskan pada materi pembagian sebagai pengurangan berulang untuk siswa kelas 2 SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research  and Development (RnD) model ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki tahapan Analysis, Design , Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 2 SD Pangudi Luhur Ambarawa berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa uji pakar/validasi pakar, tes (soal pilihan ganda), nontes (angket respon siswa dan lembar observasi). Keefektifan media ini dianalisis menggunakan uji Paired-Samples T Test yang dilakukan dengan program SPSS sedangkan kevalidan media dianalisis menggunakan uji pakar. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media game bubble match dapat dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE dan terbukti efektif dengan adanya peningkatan yaitu rata-rata pretest 81,62 sementara posttest 83,24. Media game bubble match terbukti valid berdasarkan penilaian validator dari aspek media yang mendapat skor 4,1 dengan kategori  Baik dan dari aspek materi yang mendapat rata-rata skor 3,9 dengan kategori baik.

 



Keywords

Game bubble match; media pembelajaran; model ADDIE; Research and Development (RnD)

Full Text:

PDF

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.