INFILTRASI PEMIKIRAN DAN GERAKAN HTI DI INDONESIA

Erni Sari Dwi Devi Lubis, Ma’arif Jamuin

Abstract

Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) masuk dan berkembang di Indonesia pada tahun 1980an di Bogor. Organisasi ini didirikan sebagai organisasi politik Islamyang memiliki visi utama mendirikan Negara Islam. Untuk mewujudkan visi tersebut HT melakukan infiltrasi kebeberapa Negara yang dominan Islam. Salah satu infiltrasi HT adalah Indonesia. Paper ini membahas mengenai perjalanan HTI, pemikiran-pemikiran HTI dan Infiltrasi-infiltrasi yang dilakukannya  di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka dengan  menggunakan metode analisis deduktif. Hasil dari penelitian ini adalah HTI melakukan Infiltrasi pemikiran dan gerakan ke Indonesia dengan masuk ke organisasi-organisasi besar seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, dan Majelis Ulama Indonesia

Keywords

Infiltrasi, Pemikiran, Gerakan

Full Text:

PDF

References

Ali, As’ad Said. 2012. Gerakan-gerakan Sosial Politik dalam Tinjauan Ideologis Ideologi Gerakan Pasca Reformasi. Jakarta: LP3ES.

Anwar, M. Syafi’i. 1995. Pemikiran dan Aksi Islam Indonesia Sebuah Kajian Politik tentang Cendekiawan Muslim Orde Baru. Jakarta Selatan: Paramadina.

Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Hasbullah. 1999. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Ma’arif, Ahmad Syafi’I, dkk. 2001. Syari’at Islam Yes. Syari’at Islam No. Jakarta: Paramadina.

Makalah Rijal, Syamsul. 2010. Radikalisme Islam Klasik dan Kontemporer: Membandingkan Khawarij dan Hizbut Tahrir. Banjarmasin: IAIN Antasari.

Purwawidada, Fajar. 2014. Jaringan Baru Teroris Solo. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Rodli, Ahmad. 2013. Stigma Islam Radikal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukandarrumidi dan Haryanto. 2008. Dasar-Dasar Penulisan Proposal Penelitian. Yogyakarta: Gadjah Masa University Press.

Wahid, Abdurrahman. 2006. Islamku Islam Anda dan Islam Kita “Agama Masyarakat Negara Demokrasi,”. Jakarta:The Wahid Institute.

Wahid. Abdurrahman. 2009. Ilusi Negara Islam Ekspansi Gerakan Islam Transnasional di Indonesia.Jakarta:Gerakan Bhineka Tunggal Ika, the Wahid Institute, Maarif Institute.

Zallum, Abdul Qadim. 1994. Demokasi: Haram Mengambilnya, Menerapkannya, dan Mempropagandakannya. Bogor: Pustaka Thariqul Izzah

Article Metrics

Abstract view(s): 792 time(s)
PDF: 404 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.