MPLEMENTASI PROGRAM COMPREHENSIVE GUIDANCE AND COUNSELING DALAM PENGEMBANGAN POTENSI SISWA (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura Sukoharo Tahun Pelajaran 2015/2016)

Bambang Rahardja

Abstract

Setiap siswa mempunyai potensi-potensi dasar yang diberikan Allah Swt untuk dapat dikembangkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan pendidikan perlu memperhatikan potensi setiap siswa.  Dalam menyusun program sekolah, sekolah dapat memfasilitasi kebutuhan siswa yang sesuai dengan potensinya berupa spiritual, kecenderungan, bakat, minat, atau kecerdasan. Dengan demikian tugas pendidik tidak hanya fokus dalam pengembangan kognitif siswa tetapi juga dalam pengembangan segi keterampilan, emosi, sosial dan fisik siswa. SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura Sukoharjo memberikan pelayanan berupa bimbingan atau pendampingan yang menyeluruh terhadap siswa dengan tujuan agar setiap siswa selalu berada dalam kebaikan dan mampu mengembangkan serta meng-aktualisasikan segala potensi yang dimiliki secara maksimal.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi program Comprehensive Guidance and Counseling di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016, peran dan tugas personel sekolah dalam implementasi program, serta pengaruhnya terhadap pengembangan potensi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yakni dalam bentuk narasi atau paragraf dan bukan berupa angka-angka, dengan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, dan display data. Selanjutnya ditarik kesimpulan dengan menggunakan metode deduktif yaitu cara berpikir yang berangkat dari teori untuk kemudian dicocokkan dengan data.

Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi program Comprehensive Guidance and Counseling di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura Sukoharjo mencakup 4 komponen pelayanan yakni layanan dasar bimbingan, layanan responsif, layanan perencanaan individual dan dukungan sistem yang terangkum dalam serangkaian kegiatan yang telah menjadi program-program sekolah yaitu: Basic Competence Test, mentoring, Academic Coaching and Consultation, Counseling Program, Home Visiting, dan Out Door Program. Selain itu didukung dengan Spiritual Guidance, Character Building, dan Motivation Building Training agar seluruh siswa tumbuh dan berkembang dalam kebaikan serta selalu memiliki motivasi untuk menjadi lebih baik. Sedangkan dalam implementasinya, seluruh personel sekolah saling bekerjasama dalam menjalankan peran dan tugasnya seperti, ikut rapat konferensi, menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh siswa, selanjutnya program dievalusi dan dipantau oleh kepala sekolah. Adanya program Comprehensive Guidance and Counseling tersebut memberikan pengaruh terhadap pengembangan potensi siswa di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura Sukoharjo.

Keywords

Program Comprehensive Guidance and Conseling, pengembangan potensi

Full Text:

PDF

References

Baharuddin. Aktualisasi Psikologi Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Furqon dan Aip Badrujaman. Model Evaluasi Layanan Dasar Berorientasi Akuntabilitas. Jakarta: Indeks, 2014.

Nurihsan, Achmad Juntika. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT Refika Aditama, 2009.

Salahudin, Anas. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Santoso, M. Abdul Fattah et.al. Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Edisi Revisi 3. Surakarta: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Metods). Bandung: Alfabeta, 2012.

Supriatna, Mamat. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Sutirna. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal, Nonformal dan Informal. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2014.

Sumber Tesis dan Skripsi

Fathoni, Muhammad. “Penerapan Bimbingan dan Konseling Islami dalam Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Empirik di SDIT Permata Insani Tulung, Klaten Tahun Ajaran 2012-2013)". Skripsi. Surakarta: UMS, 2013.

Khoiriyah. “Penggalian Potensi Diri Manusia Menurut Toto Tasmara dalam Buku Menuju Muslim Kaffah: Menggali Potensi Diri”. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo, 2008.

Maryono. “Hubungan Antara Layanan Bimbingan Konseling dan Kemampuan Penyesuaian Diri dengan Prestasi Belajar Siswa”. Tesis. Surakarta: UMS, 2013.

Qomar, Syaeful. “Implementasi Bimbingan Konseling Islami untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi dan Implikasinya terhadap Manajemen Madrasah (Studi Kasus di Kelas V MI Negeri Jetis Sukoharjo Tahun 2012-2013)”. Tesis. Surakarta: UMS, 2013.

Sumber Undang-Undang

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Article Metrics

Abstract view(s): 108 time(s)
PDF: 41 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.