PEMAHAMAN EVALUASI HASIL BELAJAR DI KALANGAN CALON GURU (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2016)

Abdullah Aly

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang bagaimanakah pemahaman calon guru tentang konsep evaluasi hasil belajar, setelah dianalisis data disimpulkan bahwa Kajian ini menghasilkan 4 (empat) kesimpulan penting. Pertama, pemahaman calon guru tentang konsep dan definisi evaluasi hasil belajar terbagi menjadi tiga kategori, yaitu: tinggi, sedang dan rendah. Pemahaman tertinggi dan terendah dari mereka dimiliki oleh calon guru perempuan, masing-masing  sebanyak 22 orang (41,5%) dan 5 orang (9,43%). Kedua, pemahaman calon guru tentang tujuan dan fungsi evaluasi hasil belajar terbagi menjadi tiga kategori, yaitu: tinggi, sedang dan rendah. Pemahaman tertinggi dan terendah dari mereka dimiliki oleh calon guru perempuan, masing-masing  sebanyak 16 orang (30,18%) dan 5 orang (9,43%). Ketiga, pemahaman calon guru tentang sasaran evaluasi hasil belajar terbagi menjadi tiga kategori, yaitu: tinggi, sedang dan rendah. Pemahaman tertinggi dan terendah dari mereka dimiliki oleh calon guru perempuan, masing-masing  sebanyak 13 orang (24,53%) dan 10 orang (18,87%). Keempat, pemahaman calon guru tentang prosedur evaluasi hasil belajar terbagi menjadi tiga kategori, yaitu: tinggi, sedang dan rendah. Pemahaman tertinggi dari mereka dimiliki oleh calon guru perempuan, sementara pemahaman yang terendah dimiliki oleh calon guru laki-laki, masing-masing  sebanyak 27 orang (50,94%) dan 10 orang (26,31%).

Keywords

guru, evaluasi, hasil belajar

Full Text:

Untitled PDF

References

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, John W. 2008. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Given, Lisa M. 2008. The Sage Encyclopedia of Qualitative Research Methods, Singapore: Sage Publications.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: CV Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UU RI No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Article Metrics

Abstract view(s): 105 time(s)
Untitled: 0 time(s) PDF: 30 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.