TIPOLOGI LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF GEORGE MAKDISI

Mahasri Shobahiya(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

 

Tulisan ini mengungkap tentang tipologi lembaga pendidikan dalam perspektif George Makdisi. Makdisi mengungkap mulai dari lembaga pra madrasah sampai pada lahirnya madrasah dan lembaga-lembaga serumpun, yang ternyata menunjukkan beberapa keunikan, di antaranya adalah dimulai dari tumbuhnya lembaga yang paling sederhana, dalam bentuk masjid sampai pada lahir cikal-bakal perguruan tinggi. Keunikan-keunikan tersebut, baik berkaitan dengan nama, bentuk, pendiri atau pengembang, maupun tipe pengembangannya. Sebagai contoh, pendiri lembaga pendidikan, ada yang dari pengajarnya sendiri dan ada pula yang pejabat yang sedang berkuasa saat itu; pengembangannya, ada yang sangat bergantung pada penguasa dan ada pula yang ada kemandirian dari pengajarnya; bentuknya, ada berasrama dan ada pula yang tidak berasrama; sedangkan berkaitan dengan materi kajiannya, ada yang hanya mengkaji salah satu sub kajian ilmu-ilmu keislaman dan ada yang satu lembaga menfasilitasi beberapa sub kajian, bahkan ada pula yang menfasilitasi ilmu-ilmu non keislaman.

Keywords

tipologi, lembaga pendidikan, madrasah

Full Text:

PDF Untitled

References

George Makdisi (1981). The Rise of Colleges; Institution of Learning in Islam and The West. Edinburgh: Edinburgh University Press.

Moh. Erfan Soebahar dalam Ismail SM, Nurul Huda, Abdul Kholiq (2002). Dinamika Pesantren dan Madrasah. Semarang: Kerjasama Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dan Pustaka Pelajar.

Muhaimin (2009). Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembejalaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Karel A. Steenbrink (1986). Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES.

Article Metrics

Abstract view(s): 1684 time(s)
PDF: 210 time(s) Untitled: 0 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.