EFEKTIVITAS PEMBAHARUAN KURIKULUM MENTORING AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2015-2016

Erni Sari Dwi Devi Lubis

Abstract

Perlunya mendesain ulang Kurikulum Mentoring al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Surakarta, hal ini berdasarkan hasil uji kemampuan mahasiswa dalam menulis dan membaca al-Quran. Pada bulan Agustus, 7.000 mahasiswa pada tahun ajaran 2015-2016 mengikuti ujian, hanya 50% yang lulus. Tes lainnya dilakukan pada tahun ajaran 2014-2015, dari 6.000 mahasiswa mengikuti ujian, dan mendapat hasil yang sama. Pada bulan Desember 2014, Lembaga Pengembangan al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPIK-UMS) mencoba melakukan tes ulang terhadap siswa yang sama, namun hasilnya tetap, walaupun mereka sudah selesai mengikuti pendampingan.

Sebagai Universitas Muhammadiyah yang memiliki misi untuk menjadikan Alquran sebagai landasan prilaku mahasiswa, UMS ingin memiliki alumni yang berkualifikasi yang menerapkan nilai-nilai Islam dan berakhlakul Alquran. Misi ini harus sepenuhnya dibawah tanggungjawab program LPIK.

Berdasarkan temuan fakta pada penelitian, kami menemukan bahwa Kurikulum Pendataan Mentoring pada kegiatan al-Islam dan Kemuhammadiyahan berfokus pada (1) materi pelajaran; (2) Mahasiswa sebagai objek; (3) Kompetensi Mentor; (4) Jadwal Mentoring; dan (5) Evaluasi Pembelajaran.

Hasil penelitian, dibandingkan dengan kurikulum lama, desain ulang Kurikulum Mentoring lebih efektif untuk memberantas buta tulis al-Quran terhadap  mahasiswa UMS.

Keywords

efektifitas, desain ulang, kurikulum, pendampingan

Full Text:

PDF

References

Daulay, H. P. 2009. Sejarah Pertumbuhan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Edisi pertama. Jakarta. Kencana.Hal. 92.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.1989.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cetakan ke 2. Jakarta. Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi keempat cetakan ke 8. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Hidayat, S. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Hidayatullah, R.A. 2013. MetodeTartil Utsmani. Pustaka Ulin Nuha.

Hamalik, O. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Mudlofir, A. 2012. Pendidik Profesional Konsep, Strategi dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidik di Indonesia. Edisi 1 cetakan 1. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada.

Rosyadi, I. dkk. 2013. BerISLAM Menuju Kesalehan Individual dan Sosial. Edisi revisi cetakan ke 11, Surakarta. LPIK (Lembaga Pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan).

Shobahiya, M. dan N. M. Zuhdi. 2008. Efektivitas Pelaksanaan Program Mentoring Al-Islam. Ishraqi.Vol. 4(1): 26-40.

Shobahiya, M, dkk. 2013. Profil Mentoring Al-Islam & Kemuhammadiyahan.Surakarta. LPIK (Lembaga Pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan).

Tim LPIK. 2013. Al ‘Ubudiyah. Edisi revisi cetakan ke 11, Surakarta. LPIK (Lembaga Pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan).

Undang-undang Republik Indonesia Nomer 14 Tahun 2015 Pasal 1 Ayat 10 tentang Guru dan Dosen.

Uno, H. B. dan N. Mohammad. 2013. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Observasi langsung dari bulan Agustus sampai Desember 2014 pukul 07.00-08.30 WIB di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Observasi langsung dari bulan Agustus sampai Desember 2015 pukul 07.00-08.30 WIB di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wawancara dengan Abu Bakri Royani selaku Kasi Mentoring AIK pada tanggal 14 Januari 2016

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.