IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER “HIZBUL WATHAN” (Studi Empirik di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017)

Bambang Rahardja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter Islami dan menunjukkan titik singgung nilai karakter pada ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi serta observasi, dan dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis interaktif dalam proses menganalisis data.

            Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Implementasi pendidikan karakter Islami terdapat pula pada kepanduan Hizbul Wathon. 2) Pada dasarnya dalam kurikulum dan kegiatan HW telah memuat nilai-nilai karakter Islami,  sebagaimana muatan yang terdapat dalam pendidikan karakter yang terdapat dalam kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional, meliputi a) religius, b) jujur, c) tanggung jawab, d) gemar membaca, e) disiplin, f) kerja keras, g) kreatif, h) rasa ingin tahu, i) mandiri, j) toleransi, k) peduli sosial, l) menghargai karya dan prestasi, m) komunikatif, n) cinta damai, o) demokratis, p) semangat kebangsaan, dan q) cinta tanah air. 3) Muatan masing-masing nilai pendidikan karakter diiplementasikan melalui materi yang disesuaikan dengan kurikulum Hizbul Wathan yang meliputi  materi seperti Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Materi Kepanduan, Materi Kehizbul Wathanan dan Materi Umum. 4) pengembangan nilai–nilai pendidikan karakter pada masing-masing kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan dilakukan dengan kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian, dengan pendekatan yang telah sesuai dengan amanat pendidikan karakter Nasional.

Keywords

Pendidikan Karakter Islami dan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan

Full Text:

PDF

References

Adawiyah, Siti, Afifah. 2014. “Internalisasi Nilai Kepemimpinan Islam dalam Ekstrakurikuler Kepanduan Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta”. Yogyakarta: Skripsi UIN Sunan Kalijaga.

Badan Penelitian dan Pengembangan KEMENDIKNAS. 2011. Buku Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan KEMENDIKNAS. (online) diunduh pada 15 Desember 2016

Dzikron, Muhammad. 2008. Buku Pedoman Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan. Klaten: Base Center Comp.

--2001. Keterampilan Kepanduan Hizbul Wathan. Klaten: Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan.

Hartini, Tri. 2015. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Rangka Mewujudkan Perkembangan Peserta Didik Yang Optimal Dan Integral”(Prosiding Seminar Nasional dan Bedah Buku Pendidikan Karakter dalam Implementasi Kurikulum 2013. http://google.com/pendidikan-karakter.html, diakses tanggal 3 September 2016.

Hilman, Najib. 1999. “Peran Dan Fungsi Hizbul Wathan Di Masa Depan”. Panitia Sarasehan dan Lokakarya Rehabilitasi Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. diakses pada 6 September 2016.

Lestari, Dian. 2012 Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk SMA. Jakarta Selatan: MAARIF Institute for Culture and Humanity.

Moleong, Lexy J. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mubarok, Hasan. 2012. “Implementasi Pendidikan Karakter pada Ekstrakurikuler Hizbul Wathan (HW) di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012”. Surakarta: Skripsi UMS.

Nuryanto, Sidik. 2006. “Berkisah Metode Penguatan Nilai Karakter Islami Pada Anak Usia Dini”, dalam Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 “Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”, 2016, diakses pada 6 September 2016.

Sukandarramidi. 2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Undang–Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online), http://www.google.com/UU Sindiknas. diakses pada 15 Desember 2016.

Zubaidi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

http://www.wikipedia.co.id/sejarah-hizbul-wathan. diunduh pada tanggal 14 Oktober 2016 pukul 20.00 WIB.

https://id.wikipedia.org/wiki/Ekstrakurikuler. diakses pada 18 Desember 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.