INDEKS BUDAYA LITERASI MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017

Zaenal Abidin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat budaya literasi mahasiswa Pendidikan Agama Islam UMS dan faktor-faktor yang mempengaruhi naik dan turunnya budaya litersi tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kuantitatif agar terpapar data yang akurat dan jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, tingkat budaya literasi membaca, menulis dan berdiskusi antara lain ; tingkat membaca sebesar 7%, menulis sebesar 6%, berdiskusi sebesar 13%. Hal ini menunjukkan rendahnya budaya literasi mahasiswa PAI dari 92% mahasiswa murni (tidak bekerja ) waktu yang digunakan untuk aktivitas akademik minim.

Kedua, faktor pendukung dari tingkat budaya literasi antara lain tugas dari dosen menempati tingkatan tertinggi sebesar 41% untuk membaca, dan 46% untuk menulis, dan faktor pendukung yang selanjutnya adalah tingkat diskusi menyampaikan informasi sebesar 26%, menambah informasi sebesar 33%. Sedangkan faktor penurun anatara lain, rasa ingin tahu yang rendah mengenai sebuah keilmuan, untuk mencari informasi dan menambah pengetahuan sebesar 29%, motivasi untuk membaca masih didominasi rasa paksaan dari dosen sebesar 41%. Dan mahasiswa yang senang dengan aktivitas menulis dalam kategori menyalurkan minat sebesar 20%. Serta faktor lingkungan yang masih kurang mendukung dalam menumbuhkan budaya literasi. Mahasiswa dalam aktivitas di tempat umum lebih suka berbincang-bincang 33%, bermain gadget, game 33%, browsing 25%. Membaca hanya 7%.

Keywords

Budaya Literasi, Pembelajaran, faktor pendukung, Mahasiswa PAI

Full Text:

PDF

References

Budiwati, Y. (2006). Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Prasetyo, J. T. (1998). Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Shihab, M. Q. (2014). Membumikan Al Quran. Bandung: Mizan.

Soelaeman, M. M. (2005). Ilmu Budaya Dasar Suatu Penganar. Bandung: PT. Refika Aditama.

Strinati, D. (2016). Popular Culture. Jakarta: Pustaka Promethea.

Sukidin Basrowi, A. W. (2003). Pengantar Ilmu Budaya. Surabaya: Insan Cendekia.

Kern, R. (2000). Literacy and language Teacing. Oxfort: Oxfort University.

Survey Unisco dilansir dari Laman, Solopos, 10 Oktober 2016 ( HYPERLINK "http://www.solopos.com/2016/10/10/hasil-survei-unesco-minat-baca-orang-indonesia-terendah-kedua-di-dunia-759534" http://www.solopos.com/2016/10/10/hasil-survei-unesco-minat-baca-orang-indonesia-terendah-kedua-di-dunia-759534 ) (diakses tanggal 11 Mei 2017 pukul 22.54 WIB)

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.