PELAKSANAAN PROGRAM KULLIYATU TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nurul Latifatul Inayati(1*), Isnaya Arina Hidayati(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam merupakan pondok yang memberikan ilmu-ilmu umum dan ilmu agama, PPMI Assalaam juga memberikan nilai lebih kepada santrinya dengan program Kulliyatu Tahfidz Al-Qur’an untuk santri yang menginginkan hafalan al-qur’an lebih banyak dari hafalan yang sudah ditargetkan dari pondok. Permasalahan dalam penelitian ini terkait strategi program kulliyatu tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan santri Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam antara lain sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi program kulliyatu tahfidz al-qur’an dalam meningkatkan hafalan santri pondok pesantren assalaam? (2) Apa saja hambatan-hambatan yang ditemui dalam strategi program kulliyatu tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan santri pondok pesantren Assalaam? Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi program kulliyatu tahfidz al-qur’an dalam meningkatkan hafalan santri pondok pesantren Assalaam dan hambatan-hambatannya.

Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah ustadz dan ustadzah yang mengajar KTQ dan para santriwan dan santriwati KTQ. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi mengenai pelaksanaan program Kulliyatu tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan santri pondok pesantren Assalaam tahun pelajaran 2016/2017.

Kesimpulannya bahwa strategi program kulliyatu tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan santri pondok pesantren Assalaam sudah berjalan dengan baik, dengan menggunakan program Tahfidz 1 hari 1 halaman dan Takrir 1 hari 5 halaman serta menggunakan metode menghafal Bi al-nazhar dan Talaqqi yang didukung dengan fasilitas asrama khusus santri KTQ, Serta ada waktu tertentu menyetorkan hafalan dan menyiapkan hafalan pada waktu-waktu tertentu ada kunjungan ke pondok tahfidz setiap satu tahun sekali. Sementara hambatan yang ditemui tidak begitu banyak seperti banyaknya kegiatan pondok diluar kegiatan akademik dan kesantrian, dan santri yang tidak konsisten dalam menyetorkan hafalan. Banyaknya ayat yang sama menyulitkan santri dalam menghafal, rasa malas yang menyertai santri ketika akan menghafal.

Keywords

Strategi program KTQ, meningkatkan hafalan santri Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam.

Full Text:

PDF

References

An-Nawawi, Imam. 2011. Riyadhus Shalihin. Solo :Insan Kamil.

Al-Farmawi Abdul Hayy. 2002. Metode Tafsir Maudhu’i Dan Cara Penerapannya. Bandung: Pustaka Setia.

Alhafidz Ahsin.W. 1996. Kiat Sukses Menghafal Al-Qur’an. Jakarta : Dzilal Press.

Almaliki, Sayyid Muhammad Alwi. 2001. Keistimewaan-keistimewaan Al-Qur’an. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Anwar, Abu. 2002. Ulumul Qur’an Sebuah Pengantar. Pekanbaru: Amzah.

Al-Sirjani Raghib dan Abdurrahman Abdul Khaliq. 2006. Cara Cerdas Hafal al-Qur’an, terj. Sarwedi dan M. Amin Hasibuan. Solo: Aqwam.

Az-Zawawi Yahya Abdul Fattah. 2010. Revolusi Menghafal Al-Qur’an Cara Menghafal, Kuat Hafalan dan Terjaga Seumur Hidup. Surakarta: Penerbit Insan Kamil.

Burhanudin. 2001. Fiqih Ibadah. Bandung : Pustaka Setia

Departemen Pendidikan Nasional. 2005.Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta : Balai Pustaka)

Departemen Agama RI, Syaamil Al-Qur’an. (Bandung : PT. Syaamil Cipta Media, 2002)

Effendi Sofian & Tukiran. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES.

Ita Nurjannah, “Metode Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Hafalan Siswa Kelas VIII di Pondok Pesanren Imam Bukhari Putri Selokaten, Gondangrejo, Karangayar” , skripsi (Surakarta: Jurusan pendidikan agama islam (Tarbiyah) Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016).

Mardalis. 2008. Metode Penelitian “Suatu Pendekatan Proposal”. Jakarta: Bumi Aksara.

Miles Matthew B.& A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia.

Morissan, M.A. & Dr. Andy Corry W. & Dr. Farid Hamid U. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta : Kencana Penada Media Group.

Mulyadi, Mohammad. 2016. Metode Penelitian Praktis: Kualitatif Dan Kuantitatif. Jakarta: Publica Press.

Massul, Romdoni. 2014. Metode Cepat Menghafal & Memahami Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an. Yogyakarta : Lafal Indonesia.

Munawwir, Ahmad Warson. 1997. Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Surabaya:Pustaka Progressif.

Nata, Abuddin. 2010. Al-Qur’an dan Hadits (Dirasah Islamiyah I) edisi revisi. Jakarta : PT. Praja Grafindo Persada.

Nawabuddin, Abdurrahman. 1991. Teknik Menghafal Al-Qur’an. Bandung: Al-Gesindo.

Ra’uf, Abdul Aziz Abdul. 2004. Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an. Bandung: Syaamil Cipta Media.

Ruane, Janet M. 2013. Dasar-Dasar Metode Penelitian Panduan Riset Ilmu Sosial. Bandung : Nusa Media.

Rohmadi Muhammad dan Yakub Nasucha. 2015. Dasar-dasar Penelitian: Bahasa, Sastra dan Pengaaran. Surakarta: Pustaka Briliant.

Sa’dulloh. 2008. 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an, Jakarta : Gema Insani.

Suma, Muhammad Amin. 2013. Ulumul Qur’an. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Sukmadinata Nana Syaodih. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda.

Siti, Zakiyatush Sholikhah, “Efektivitas Program Tahfidz Pada Siswa SD Al-Azhar 16 Cilacap” skripsi (Purwokerto, Fakultas Agama Islam Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 2016).

Suharsimi, Arikunto. 2014. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Proktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Tim Penyusun Kamus. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wahid, Wiwi Alawiyah. 2014. Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Diva Press.

Zen, A. Muhaimin. 1985. Tata Cara / Problematika Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Article Metrics

Abstract view(s): 1936 time(s)
PDF: 1067 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.