TERAMPIL MEMILIH DAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN

Maria Ulfa, Saifuddin Saifuddin

Abstract

Suatu materi pembelajaran jika diajarkan oleh dosen atau guru yang berbeda, dengan metode yang sama atau berbeda akan dirasakan oleh peserta didik dengan rasa yang berbeda pula. Idealnya suatu pembelajaran harus mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif karena aktifnya peserta didik tanda mereka mendominasi aktivitas pembelajaran. Dengan ini, mereka aktif menggunakan otak baik untuk menemukan ide, memecahkan permasalahan atau mengaplikasikan apa yang baru mereka pelajari  ke dalam suatu persoalan yang nyata.  Selain itu peserta didik juga merasakan suasana yang menyenangkan, hasil belajar jadi maksimal. Metode diartikan sebagai suatu cara yang ditempuh seseorang guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan dapat diartikan sebagai cara menyajikan materi kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Adapun metode berfungsi sebagai cara untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kedudukan metode adalah sebagai salah satu komponen pembelajaran. Dalam memilih metode terdapat hal-hal yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan. Diantaranya adalah tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran, kemampuan dan latar belakang siswa, kemampuan dan latar belakang guru, keadaan proses belajar yang berlangsung, alat-alat atau sarana yang tersediap. Adapun macam-macam metode pembelajaran adalah critical incident (menggali pengalaman penting), prediction guide (tebak pelajaran), group resume. Teks acak, dan seterusnya. Adapun metode dalam pendidikan karakter adalah metode keteladanan, demokrasi, liv in, siswa aktif, pencarian bersama.

Keywords

Pembelajaran, Strategi, Metode.

Full Text:

PDF

References

Daryanto, Mulyo Rahardjo. 2012. Model pembelajaran inovatif. Yoogyakarta: gava media

Hamdani. 2011. Strategi Belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah B.Uno, Nurdin Mohamad. 2013. “Belajar dengan Pendekatan PAILKEM” . Jakarta: Bumi Aksara.

Jamaluddin. 2015. Pembelajaran perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Jamil suprihatiningrum. 2017. Strategi pembelajaran; teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Jumanta Hhamdayama. 2016. Metodologi pengajaran. Jakarta: bumi aksara.

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran; dilengkapi dengan 65 model pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Rusman, 2011. Model-Model Pembelajaran; mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: rajawali Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.