METODE PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS VIII MTsN TEMON TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Putra Pratomo Hadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja metode penanaman Karakter Religius yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam Pada siswa kelas VIII MTsN Temon, metode apa saja yang dilakukan Guru BK pada siswa kelas VIII MTsN Temon, dan untuk mengetahui Hasil penanaman karakter pada siswa kelas VIII MTsN Temon.

Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan, dengan menggunakan pendeketan deskriptif, dalam mengumpulkan data yang ada di lapangan peneliti menggunakan metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama 24 hari, sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis Deduktif.

Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah metode yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di MTsN Temon, yaitu memiliki pelajaran Agama lebih banyak dengan memiliki empat pelajaran yaitu Sejarah Kebudayaan Islam, Aqidah Akhlak, Fiqih, dan Al Qur’an Hadits. Metode yang digunakan yaitu dengan menunjukan teladan, metode memberi arahan, memberikan motivasi atau dorongan, metode kontinuitas (sebuah proses pembiasaan dalam belajar, bersikap, dan berbuat), memberikan nasihat, metode repetition (pengulangan). Sedangkan metode penanaman karakter religius yang dilakukan Guru BK (Bimbingan dan Konseling) yaitu dengan metode bimbingan dan arahan, keteladanan, motivasi, dan nasihat. hasil penanaman karakter religius pada siswa kelas VIII MTsN Temon yaitu setelah dilakukan nya metode penanaman karakter religius oleh Guru dapat dilihat bahwa siswa sudah cukup baik memiliki karakter religius walaupun belum mencapai hasil yang maksimal. sikap yang sudah dimiliki siswa yaitu beriman kepada Allah dan rosul-Nya berikut seluruh ajaran-Nya, selalu berdzikir kepada Allah, selalu berhalawat kepada rasulullah SAW, cerdas emosinya, taat pada hukum allah dan hukum negara, jujur, adil, amanah dan tabligh, toleran dan menghargai pendapat orang lain.

Keywords

Metode, Karakter, Religius.

Full Text:

PDF

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamid, Hamdani. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.

Janawi. 2011. Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Majid, Abdul. 2011. Pendidikan Karakter Prespektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardalis. 2006. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Akasara.

Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nashir, Haedar. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Kebudayaan. Yogyakarta: Multi Presindo.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metode Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Subagyo, Joko. 2015. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriatna, Mamat. 2011. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi orientas Dasar Pengembangan Profesi Konselo. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Syafri, Ulil Amri. 2012. Pendidikan Karakter berbasis Al-Qur’an. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Uhbiyati, Nur. 1997. Ilmu Pendidikan Islam (IPI). Bandung: Pustaka Setia.

Wiyani, Novan Ardy. Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter. Bandung: ALFABATE.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.