EFEKTIFITAS METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TAḤFĪẒ AL-QUR’AN DI SMP IT AL-ANIS KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Muhammad Arif Wicagsono, Nurul Latifatul Inayati

Abstract

Program menghafal al-Qur’an sudah menjadi program unggulan di Sekolah.Prosesmenghafal al-Qur’an tentunya memerlukan metode pembelajaran yang efektif. Salah satu metode menghafal al-Qur’an yang sudah diterapkan di Indonesia adalah metode Yanbu’a. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah proses pembelajaran taḥfīẓ al-Qur’an melalui metode Yanbu’a di SMP IT al-Anis (2) Apakah Metode Yanbu’a efektif dalam meningkatkan kemampuan taḥfīẓ Qur’an di SMP IT al-Anis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji proses pembelajaran taḥfīẓ al-Qur’an melalui metode Yanbu’a di SMP IT al-Anis Kartasura dan mengetahui efektivitas penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan programtaḥfīẓ al-Qur’an di SMP IT al-Anis.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober 2017- Januari 2018.Data diperoleh dari hasil observasi, dokumen dan berdasarkan hasil wawancara bersama Kepala sekolah, guru dan siswa SMP IT al-Anis. Teknik analis dengan model lengkap dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Taḥfīẓ al-Qur’an di SMP IT al-Anis Kartasura dengan metode Yanbu’a dilaksanakan melalui program yang bernama Program Takhasus al-Qur’an. Sistem menghafal dibagi menjadi dua, yaitu satu hari menghafal ayat, dan hari berikutnya hanya mengulang hafalan. Siswa menghafal dua, empat, lima sampai tujuh ayat perhari. Dalam rangka peningkaan kualitas hafalan, siswa diwajibkan menulis ayat. Masing-masing kelas Takhasus diampu oleh dua guru, guru memberikan pengawasan terhadap prestasi hafalan, ketertiban siswa dalam melaksanakan tugas menulis, sholat wajib dan sunnah lewat buku khusus monitoring. Dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa Metode Yanbu’a efektif dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa di SMP IT al-Anis Kartasura.

Keywords

Efektivitas, Menghafal al-Qur’an, Metode Yanbu’a

Full Text:

PDF

References

Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif (Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu). Jakarta:PT Grafindo Perasada.

Ali, Mohammad Daud. 2010. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Alwi, Sayyid Muhammad. 2001. Keistimewaan-keistimewaan al-Qur’an. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Amin, Muhammad. 2013. Ulumul Qur’an. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Anitah, Sri,. Janet,. Susanah. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta:Universitas Terbuka.

Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan (Metode dan Pradigma Baru). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin. 2008. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis berdasarkan Pendekatan Interdisiplier. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Arwani, M.Ulinnuha. 2004. Thiriqoh Baca Tulis al-Qur’an Jilid I. Kudus: Pondok Tahfidz Yanbu’ul Ulum.

Basri, Muinudinillah. 2015. al-Qur’an al-Kalimah The Legacy.Surakarta: Pustaka al-Hana.

Danim, Sudarman. 2011. Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas. Bandung: CV Pustaka Setya.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta:C.V Andi Offset.

Efendi, Taufik Hamim. 2009. Jurus jitu menghafal al-Qur’an. Jakarta: Tauhid Media Center.

Emzir. 2016. Metode Penelitian analisis data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fattah, Nanang. 2001. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setya.

Hasri, Salfen. 2009. Sekolah Efektif dan Guru Efektif. Yogyakarta:Aditya Media Printing

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Herry, Bahirrul Amali.2012. Agar Orang Sibuk Bisa Menghafal al-Qur’an. Yogyakarta:Pro-U Media.

Imam Gojali, Umiarso. 2010. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Jakarta: Ircisod.

Iriantoro,Yoyon Bahtiar. 2011. Kebijakan Pembaruan Pendidikan: Konsep, Teori, dan Model. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Karwati, Euis. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran: Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Maksudin. 2015.Pengembangan Metodologi Pendidikan Agama Islam Pendekatan Dialektik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Manna. 2008. Pengantar Studi Ilmu Qur’an. Jakarta: Purtaka al-Kautsar.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.

Masya, Suwarsih. 2007. Teori dan Prakti Penelitian Tindakan (Action Reserch). Bandung: Alfabeta.

Muliawan, Jasa Ungguh. 2015. Ilmu Pendidikan Islam: Studi Kasus Terhadap Struktur Ilmu, Kurikulum, Metodologi dan Kelembagaan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Nata,Abudin. 2005. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Angkasa.

Pidarta, Made. 2011. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Qosim,Amjad. 2008. Hafal al-Qur’an dalam sebulan. Surakarta: Qiblat Pers.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Kependidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Grup.

Subagyo, Joko. 2015. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Sudadi. 2015. Pengantar Studi Islam. Yogyakarta: Mediatera.

Sugiyanto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sukandarrumidi. 2012. Metodologi Penelitian: petunjuk praktis untuk peneliti pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sukmadinata,Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syar’i, Ahmad. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta:Pustaka Firdaus.

Terj. Dalton, Stephani Stoll. 2015. Pengajaran Efektif bagi semua pebelajar. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

Terj. Marzano, Robert. 2013. Seni dan Ilmu Pengajaran.Jakarta:PT Indeks Permata Puri Media.

Terj. McEwan, Elaine K. 2014. 10 Karakter yang harus dimiliki guru efektif. Jakarta:PT Indeks Permata Puri Media.

Terj. Muhsin, Abdul. 2013. Orang sibuk bisa hafal al-Qur’an. Kartasura: PQS Publishing.

Terj. Silbermen, Melvin L.2009. Active Learning: 101 Cara Belajar aktif. Bandung: Penerbit Nusamedia.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tri Ujiati, Syaifurrahman. 2013. Manajemen dalam Pembelajaran. Jakarta:PT Indeks.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Umiarso, Arbangi. 2016. Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta:PT Adhitya Andrebia Agung.

Wafa, Khalid Abu.2013. Cepat dan kuat menghafal al-Qur’an. Sukoharjo: Aslama Publishing.

Warsono,. Haryanto. 2012. Pembelajan Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Article Metrics

Abstract view(s): 105 time(s)
PDF: 46 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.