KERUSAKAN LINGKUNGAN DALAM AL-QUR’AN

Aisyah Nurhayati(1*), Zulfa Izzatul Ummah(2), Sudarno Shobron(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Ada sekitar 800 ayat yang berbicara tentang alam semesta dan lingkungan, dan manusia diberi amanah sebagai khalifah dengan tugas untuk memelihara dan menjaga kelestarian alam lingkungan, sehingga ada keseimbangan antara alam dan manusia. Sumber Daya Alam yang melimpah di perut bumi diperuntukkan kepada manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga manusia dilarang untuk membuat kerusakan. Kerusakan dari alam lingkungan akan membawa dampak negatif terhadap kehidupan manusia secara keseluruhan. Global Warming yang terjadi di beberapa belahan dunia sangat dirasakan dengan tidak adanya keteraturan musim, dan terjadi musim yang ekstrem. Padahal Allah telah memberikan hukum-hukum yang melekat dalam semua ciptaan, dan hukum itu berjalan sesuai sunnatullah, namun apabila dirusak akan membawa dampak negatif. Penelitian literer ini akan menjawab dampak kerusakan lingkungan bagi manusia yang secara tersurat sudah dijelaskan oleh Allah melalui firman-firmannya yang terhimpun dalam al-Qur’an. Untuk itu metode analisis digunakan adalah interpretatif komparatif antar kittab tafsir.Temuan dari penelitian ini   bahwa kerusakan lingkungan karena perbuatan manusia memiliki dampak negatif secara multidimensional yang dirsakan tidak hanya pelaku kerusakan, melainkan juga dirasakan oleh masyarakat pada umumnya. Untuk itu ditawarkan solusi, yakni memperkuat keimanan dan ketakwaan yang diimplementasikan dalam kehidupan, sadar terhadap pentingnya lingkungan, dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

Keywords

lingkungan; kerusakan; sadar lingkungan; implementasi iman.

Full Text:

PDF

References

Al-Jazairi, Abu Bakar Jabir. 2008. Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar. Jakarta: Darus Sunnah.

Al-Maraghi, Ahmad Mustafa. 1995. Tafsir Al-Maraghi. Semarang: Toha Putera.

Al-Ashfani, Al-Raghib. 2017.Kamus Al-Qur’an, Jilid 3, terj.: Ahmad Zaini Dahlan. Jakarta: Pustaka Khazanah Fawaid.

Badan Pusat Statistik. 2016. Statistik Lingkungan Hidup Indonesia 2016. Jakarta: BPS.

Badan Pusat Statistik. 2017. Statistik Lingkungan Hidup Indonesia 2017. Jakarta: BPS.

DEPAG. 2014.Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bekasi: Darul Haq.

Giyanto, dkk. 2017. Status Terumbu Karang Indonesia 2017. Jakarta : Pusat Penelitian Oceonografi LIPI.

Ghazali, M. Bahri. 1996. Lingkungan Hidup Dalam Pemahaman Islam. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Ibnu Katsir. Tafsir Al-Qur’an Al-‘Adhim. Aplikasi.

Lajnah Pentashihan Mushap al-Qur’an. 2009.Pelestarian Lingkungan Hidup: Tafsir al-Qur’an Tematik. Volume 4. Jakarta: Lajnah pentashihan al-Qur’an.

Miri, Sayyed Mohsen. 2009. Prinsip-Prinsip Islam dan Filsafat Mula Sudra sebagai Basis Etis dan Kosmologis Lingkungan Hidup, dalam M. Mangunwijaya, dkk, ed, Menanam Sebelum KIamat: Islam, Ekologi, dan Gerakan Lingkungan Hidup. Jakarta: ICAS

Siahaan, N.H.T. 2004. Hukum Lingkungan dan Ekologii Pembangunan. Jakarta; Erlangga.

Sunu, Pramudiya. 2001. Melindungi Lingkungan dengan Menerapkan ISO 14001. Jakarta: Grasindo.

Shihab, M. Quraish. 2000. Tafsir al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.

Setiono, Kudwiratri, dkk. 2007. Manusia Kesehatan Dan Lingkungan: Kualitas Hidup Dalam Perspektif Perubahan Lingkungan Global. Bandung: P.T. Alumni.

Timm, Roger E. 2003. Dampak Ekologis Teologi Penciptaan menurut Islam dalam Agama, Filsafat & Lingkungan Hidup, terj.: P. Hahono Hadi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius Wardana, Wisnu Arya. 2001. Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta: Andi.

Article Metrics

Abstract view(s): 14173 time(s)
PDF: 41802 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.